Mengamalkan Kasih Persaudaraan, Apa Maksud 1 Petrus 1: 22?
Sumber: GKKK

Kata Alkitab / 27 November 2021

Kalangan Sendiri

Mengamalkan Kasih Persaudaraan, Apa Maksud 1 Petrus 1: 22?

Lori Official Writer
19970

2. Mengamalkan kasih persaudaraan

1 Petrus 1: 22 berkat, “Karena kamu telah menyucikan dirimu oleh ketaatan kepada kebenaran, sehingga kamu dapat mengamalkan kasih persaudaraan yang tulus ikhlas, hendaklah kamu bersungguh-sungguh saling mengasihi dengan segenap hatimu.”

Kasih yang dimaksud oleh Petrus bukanlah kasih berbau romansa yang berasal dari emosi. Petrus memanggil mereka untuk mengasihi orang lain seperti Kristus mengasihi kita dengan kasih pengorbanan, yang hanya bersumber dari hati yang sudah diselamatkan oleh kasih karunia lewat iman di dalam Kristus.

Dalam bahasa Yunani kasih persaudaraan disebut dengan ‘PHILADELPHIA’, yang berasal dari dua suku kata yakni PHILEO/PHILIA yang artinya kasih atau mengasihi. Dan ADELPHOS yang artinya brother atau saudara.

Kata PHILADELPHIA atau “kasih persaudaraan” merupakan identitas dan gaya hidup orang percaya. 

 

Baca Juga: Kenapa Kasihmu Harus Bisa Dirasakan Orang Lain?

 

Lalu bagaimana seharusnya kita mengamalkan kasih persaudaraan di dalam kehidupan kita? 

Firman Tuhan mengajarkan kita untuk mengamalkannya dengan:

1. Tulus ikhlas (unto unfeigned love)

2. Tidak pura-pura atau munafik (for a sincere love) serta

3. Sungguh-sungguh dari hati. 

Kata ‘sungguh-sungguh saling mengasihi’ di dalam ayat tersebut tidak lagi memakai kata PHILADELPHIA. Tetapi menggunakan kata AGAPASATE (dari suku kata AGAPAO/AGAPE), yang artinya untuk mengasihi saudara seiman kita, kita butuh standar kasih tertinggi, yaitu kasih Allah itu sendiri. Jadi Petrus mendorong orang-orang percaya untuk mengasihi dengan kasih Allah sendiri. 

“Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu, demikian pula kamu harus saling mengasihi. Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi.” (Yohanes 13:34-35)

Di momen Natal ini, orang-orang percaya diingatkan kembali dengan ayat ini. Mari belajar untuk terus memurnikan hidup kita dengan taat kepada firman Tuhan sehingga kita bisa mengamalkan kasih persaudaraan diantara sesama kita sekalipun keadaan kita sedang sulit.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami