6 Rahasia Skincare Anti-Aging Wanita Korea yang Perlu Anda Tahu
Sumber: Skin Science Solution

Health / 17 November 2021

Kalangan Sendiri

6 Rahasia Skincare Anti-Aging Wanita Korea yang Perlu Anda Tahu

Lori Official Writer
3378

Sejak berabad-abad lampau, wanita Korea menjunjung kecantikan alami. Wajah yang bersih dan lembut bahkan dianggap sebagai standar kecantikan seorang wanita sejak dulu. Biasanya wanita dari keluarga kelas menengah hanya akan memakai riasan yang ringan untuk menunjukkan wajah tetap bersih dan sehat.

Jadi bisa dikatakan, riasan bukanlah hal utama yang dilakukan wanita Korea untuk tampak lebih cantik. Sebaliknya mereka percaya bahwa perawatan tubuh yang dilakukan dengan benar adalah kunci utama dari kecantikan dan kesehatan wajah.

Di masa lalu, wanita Korea bahkan membuat sendiri produk skincare kulit mereka sendiri mulai dari scrub, lotion, krim dan minyak. Vitamin E alami menjadi salah satu sumber nutrisi kulit wanita Korea yang biasanya mereka dapatkan dari minyak Safflower. 

Vitamin E ini juga merupakan sumber nutrisi bagi kulit yang berfungsi untuk mencegah penuaan dini di usia 50-an. Semua manfaat ini didapatkan wanita Korea lewat ritual skincare harian yang konsisten,perlindungan dan kebiasaan perawatan kulit yang dimulai sejak usia dini.

Menurut Charlotte Cho, seorang ahli kecantikan Korea meyampaikan bahwa rahasia skincare anti-aging wanita Korea ditentukan oleh 6 hal ini:

1. Skincare Harus Jadi Rutinitas Khusus

Sebagai wanita Korea, Cho membeberkan bahwa kulit wajah wanita Korea yang tampak awet muda dan sehat ditentukan dari rutinitas skincare yang dilakukan sejak remaja.

Rutinitas skincare ini dimulai dari pembersihan wajah secara ganda, pemakaian toner untuk menghidrasi kulit, penggunaan pelembab wajah ringan dan juga sunscreen (tabir surya).

 

Baca Juga: Simpan Uangmu! Tanpa Pakai Produk Skincare Mahal, Yuk Dapatkan Kolagen Dari 5 Makanan Ini

 

2. Gunakan Skincare yang Ringan Namun Kaya Nutrisi

 Alih-alih menutupi permukaan kulit yang tidak sehat dengan riasan yang tebal dan keras, Cho menjelaskan bahwa rutinitas perawatan kulit harian sangat ampuh untuk mencegah kerusakan kulit di usia 30-an ke atas. Karena itulah wanita Korea akan mulai melakukan pencegahan penuaan dini dengan perawatan kulit harian dengan menggunakan skincare yang mengandung nutrisi yang tinggi pada kulit seperti mugwort (daun baru Cina) dan ginseng.

3. Edukasi Tentang Kecantikan

Jangan kaget bahwa wanita Korea sudah paham tentang pentingnya merawat kulit sejak usia muda karena mereka diedukasi sejak dini. 

Misalnya, mereka diajarkan tentang pentingnya penggunaan sunscreen atau tabir surya yang mengandung SPF sebagai pelindung wajah dari sengatan matahari. 

Mereka juga rutin berkunjung ke dokter kulit untuk memeriksa kesehatan kulit mereka. Dan yang tak kalah menakjubkan adalah wanita Korea menganggap rutinitas perawatan wajah sebagai kesenangan.

 

Baca Juga: Tuhan Memandang Kecantikan Hatimu, Jangan Hanya Mempercantik yang Tampak di Luar

 

4. Ritual Skincare Dilakukan Oleh Semua Usia

Cho menyampaikan bahwa perawatan kulit bagi wanita Korea sebenarnya sudah dimulai sejak mereka berusia enam bulan. Di usia ini, mereka sudah mengoleskan tabir surya ke atas permukaan kulit, mengenakan topi dan pakaian pelindung dari sengatan matahari. 

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

“Ini bukan hanya mencegah kulit terbakar, tetapi juga menghambat kerusakan akibat sinar matahari yang menyebabkan penuaan di kemudian hari. Cara ini membuat penampilan menjadi awet muda dalam jangka panjang dimana lebih sedikit garis halus dan pigmentasi, sekaligus melindungi kulit dan mengurangi kerusakan oksidatif sehari-hari dari polusi dan matahari,” jelasnya.

Jadi, ritual skincare tidak hanya dilakukan sebelum usia 20-an tetapi sejak bayi dan harus terus dilakukan meski usia sudah beranjak 50-an ke atas.

5. Memakai Pelembap Wajah Adalah Keharusan.

Orang Korea percaya bahwa kelembapan di udara berdampak langsung pada kesehatan kulit. Saat udara kering, seperti menghabiskan waktu yang lama di dalam ruangan ber-AC, air mudah menguap dari epidermis. Hal inilah yang menyebabkan kulit menjadi kering, pecah-pecah dan dehidrasi.  Dalam kondisi ini wajah bisa berjerawat, munculnya garis-garis halus dan kerutan. 

Untuk mencegah kondisi ini, biasanya wanita Korea akan mengandalkan anti-aging mereka lewat humidifier. 

Humidifier berfungsi meningkatkan kelembapan di udara dan bisa membantu kulit tetap lembap.

 

Baca Juga: Kenapa Sih Cewek Suka Dandan? Jawaban Ini Bakal Bikin Kamu Geleng-geleng Kepala

 

6. Kecantikan Kulit Ditentukan Oleh Gaya Hidup

Cho menyampaikan bahwa 70% kulit ditentukan oleh genetik. Namun 30% lainnya ditentukan oleh gaya hidup dan rutinitas perawatan kulit harian. 

Ritual skincare sebenarnya berfungsi sebagai pencegahan. Yang artinya kebiasaan ini adalah investasi yang harus dilakukan oleh setiap wanita Korea untuk mendapatkan kulit yang lebih halus, bersih dan sehat seiring bertambahnya usia.

Tapi bukan hanya rajin melakukan perawatan kulit wajah ya. Pastikan juga bahwa skincare yang digunakan cocok untuk jenis kulit. Seperti wanita Korea, pada umumnya produk perawatan kulit yang mereka gunakan kebanyakan merupakan bahan-bahan fermentasi yang alami dan mudah diserap oleh kulit. Ekstrak ragi yang difermentasi menghasilkan asam amino dan peptida yang terbukti bisa membantu memperbaiki sel kulit.

Berikut 10 langkah perawatan kulit wanita Korea:

Langkah 1: Bersihkan wajah dengan bahan mengandung minyak alami.

Langkah 2: Bersihkan wajah dengan bahan air.

Langkah 3: Gunakan Toner

Langkah 4: Gunakan Essence

Langkah 5: Gunakan Serum

Langkah 6: Gunakan Ampoule

Langkah 7: Pakai masker lembar

Langkah 8: Gunakan pelembab

Langkah 9: Gunakan krim mata

Langkah 10: Gunakan tabir surya

Demikian rahasia skincare anti-aging wanita Korea, semoga bermanfaat.

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami