Staycation Jadi Pilihan Liburan Dikala Pandemi, Catat 8 Tips Ini!

News / 16 November 2021

Kalangan Sendiri

Staycation Jadi Pilihan Liburan Dikala Pandemi, Catat 8 Tips Ini!

Claudia Jessica Official Writer
1092

Ada banyak sekali perubahan yang terjadi dalam hidup kita sejak pandemi c-19 melanda dunia, termasuk Indonesia. Kebiasaan pergi berlibur hingga kebiasaan sehari-hari pun berubah drastis.

Di tengah penatnya tekanan hidup, orang-orang yang biasa menghibur diri dengan berlibur harus mengurungkan niatnya lantaran beragam aturan demi mencegah penularan virus c-19. Tak kehabisan akal, sekarang ini liburan “Staycation” kian populer di kalangan masyarakat dan menjadi pilihan untuk berlibur.

Keluar dari kegiatan sehari-hari, dan melangkah ke tempat yang baru. Meski hanya menetap di sebuah hotel atau penginapan lain, Staycation dipilih menjadi short escape dari rutinitas sehari-hari. Namun demikian, memilih Staycation bukan berarti Anda aman dari virus c-19.

Ada beberapa yang perlu diperhatikan sebagai persiapan sebelum pergi Staycation untuk mencegah tertular dari virus c-19 sekaligus membuat liburan Anda terasa aman, nyaman, dan menyenangkan. Simak 8 tips berikut ini, catat ya! 

1. Pastikan lokasi penginapan di zona aman

Sebelum melakukan booking hotel atau tempat penginapan, sangat penting untuk memastikan tempat tujuan Anda berada di zona aman c-19. Hal ini dikarenakan ketika daerah penginapan Anda menjadi zona merah c-19, artinya kemungkinan untuk tertular c-19 jadi semakin besar.

Berlibur di daerah zona hijau dengan kasus rendah membuat liburan Anda lebih terasa aman dan fokus untuk me-refresh diri Anda dari penat.

2. Pastikan penginapan menerapkan protokol kesehatan ketat

Pengecekan suhu, menyediakan sanitizer, dan aturan wajib masker adalah protokol dasar di setiap penginapan saat ini. Selain ketiga aturan dasar tersebut, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah membuat program sertifikasi CHSE (Clean, Health, Safety & Environment) atau Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan guna memastikan bahwa tempat penginapan telah memenuhi standar kesehatan. CHSE juga merupakan jaminan bagi masyarakat terhadap pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan.

BACA JUGA: 7 Langkah Aman Rayakan Liburan Natal dan Tahun Baru 2022 Dari CDC

3. Pastikan kamar penginapan memiliki aliran udara yang baik

Lagi, sebelum membooking hotel atau penginapan, pastikan ruangan Anda memiliki aliran udara yang baik. Ventilasi yang baik sangat penting untuk menurunkan risiko tertular virus c-19. Selain itu, Anda juga bisa meminta petugas untuk menyemprotkan desinfektan sebelum Anda menempati ruangan Anda.

4. Bawa perlengkapan sanitasi

Selain masker, hand sanitizer, dan face shield ada beberapa perlengkapan sanitasi yang perlu Anda bawa ke tempat Staycation. Salah satu hal yang pasti saya lakukan sebelum menempati suatu penginapan adalah menyemprotkan seluruh ruangan dengan desinfektan.

Jika Anda enggan meminta petugas melakukan desinfeksi, Anda bisa melakukannya sendiri. Selain itu, ada baiknya juga untuk membawa peralatan mandi seperti handuk dan sikat gigi sendiri dari rumah.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami