Rupanya Baca Alkitab Bisa Bantu Kualitas Tidur Lebih Baik Lho!

Rupanya Baca Alkitab Bisa Bantu Kualitas Tidur Lebih Baik Lho!

Lori Official Writer
144

Tidur bukan berarti kita perlu mengisi rutinitas sebelum tidur dengan sesuatu yang berat, seperti olahraga. Tetapi dengan membaca buku sebelum tidur sangat membantu untuk menambah kualitas tidur.

Jadi daripada memegang ponsel dan mengakses sosial media, lebih baik membaca buku dan mengambil waktu hening sejenak. Membaca Alkitab menjadi salah satu pilihan terbaik untuk mendapatkan tidur yang lebih baik. 

Berikut 5 alasannya:

1. Kita lebih terpaut dengan hati Tuhan.

Hampir setiap hari kita akan disibukkan dan dipadati dengan banyak aktivitas. Jarang sekali bagi kita untuk punya waktu sendiri merenungkan siapa Tuhan dan apa isi hati-Nya. 

Dengan membaca Alkitab di malam hari, kita bisa lebih dekat denga nisi hati Tuhan. Jadi saat pikiran kita sedang kalut, baca dan renungkan firman Tuhan. Firman Tuhan sendiri akan membantu pikiran dan hati Anda lebih tenang dan damai.

2. Alkitab membantu kita memperoleh kekuatan di pagi hari.

Berita, sosial media dan banyak masalah lain dalam hidup kadang menjadi beban yang muncul dalam pikiran setiap kali bangun tidur. Jadi sebelum tidur di malam hari, membaca Alkitab akan mengembalikan ketenangan pikiran. Firman kebenaran Tuhan yang kita renungkan bukan saja membuat Anda tidur nyenyak tetapi juga mendapatkan kesegaran baru ketika bangun tidur di pagi hari.

3. Membuat kita bertumbuh dalam pengenalan akan Firman Tuhan.

Merenungkan firman Tuhan di malam hari tidak harus dilakukan terlalu mendalam. Tetapi dengan cara membaca dan merenung yang sederhana pengetahuan kita akan firman Tuhan akan semakin diperkaya. 

 

Baca Juga: Susah Konsentrasi Saat Baca Alkitab? Cobain 5 Cara Ini, Dijamin Efektif!

 

4. Alkitab membantu kita mencegah overthinking.

Membaca firman Tuhan di malam hari juga sangat berguna untuk mencegah pikiran berlebihan (overthinking), yang merupakan penyebab dari seseorang tidak bisa tidur.

Dengan merenungkan firman Tuhan yang baru dibaca, pikiran negatif yang muncul di dalam pikiran akan digantikan dengan pikiran-pikiran yang baik lewat firman Tuhan. Sehingga Anda bisa segera tidur dan terlelap sepanjang malam.

5. Memberikan penghiburan.

Sama halnya dengan poin 4, membaca Alkitab di malam hari juga bermanfaat untuk meningkatkan kedamaian dan penghiburan. Firman Tuhan berkuasa untuk melawan segala emosi negatif seperti sedih, marah dan kesepian Anda. 

Jika Anda ingin mengalami manfaat dari membaca Alkitab ini, cobalah mengikuti 3 tips berikut:

1. Baca bagian kecil dari Alkitab setiap malam. Misalnya, 1 pasal satu hari, pahami dan renungkan firman tersebut sebelum Anda beranjak tidur.

2. Jangan membaca bagian yang berat. Pilihkan bagian Alkitab pilihan Anda jika Anda merasa membaca bagian Raja-raja atau bilangan terlalu berat di malam hari. 

3. Buat rencana bacaan Alkitab yang sesuai dengan kondisi Anda. Cobalah menyusun alur bacaan Alkitab dengan teratur. Misalnya satu pasal Mazmur setiap malam.

 

Baca Juga: Bosan Baca Alkitab? Coba Aja 6 Cara Kreatif Ini Dijamin Deh Bikin Kamu Pengen Baca Terus

 

Jika Anda tidak tahu harus memulai pembacaan Alkitab yang paling cocok, cobalah dari Mazmur. Perikop ini berisi banyak ayat penguatan, jadi mungkin akan sangat membantu Anda untuk melepaskan segala beban pikiran yang menghambat Anda menikmati malam yang berkualitas.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami