Ear Candle, Bikin Telinga Bersih Tapi Bahaya? Mana yang Benar?

Ear Candle, Bikin Telinga Bersih Tapi Bahaya? Mana yang Benar?

Claudia Jessica Official Writer
283

Cara kerjanya adalah dengan memasukkan lilin ke telinga seseorang yang telah tidur menyamping dan membakar lilin tersebut.

Namun sayangnya, belum ada bukti ilmiah yang menyebutkan bahwa cara ini efektif membersihkan kotoran telinga. Sebaliknya, beberapa sumber mengatakan bahwa ear candle justru dapat menyebabkan kotoran telinga masuk lebih dalam dan berisiko menimbulkan cedera, baik di dalam maupun di luar telinga. Para peneliti justru mendapati serpihan abu yang mengendap akibat proses pembakaran lilin.

Selain itu, ear candle juga berbahaya untuk daerah sekitar telinga seperti timbul luka akibat jatuhnya bekas pembakaran lilin ke daerah wajah, kulit kepala, rambut, dan bagian luar lubang telinga. Dikutip dari alodokter.com, para ahli juga tidak menyarankan penggunaan ear candle sebagai metode untuk membersihkan telinga lantaran lebih banyak risiko dibanding dengan manfaatnya.

Sebenarnya, kotoran telinga atau earwax dihasilkan oleh kelenjar khusus yang berguna untuk mencegah partikel debu atau partikel kecil lainnya yang masuk ke telinga agar tidak masuk lebih dalam hingga ke gendang telinga. Fungsi lain earwax juga mampu melindungi, membersihkan, dan melumasi lubang telinga, menghmabat pertumbuhan bakteri dan menjebak kotoran di dalam telinga. Namun, jika terlalu banyak atau menumpuk, kotoran telinga ini dapat menyumbat dan membuat pendengaran terganggu.

 

 

BACA JUGA: Suka Terngiang Lagu Tanpa Sadar? Mungkin Kamu Alami Syndrom Ini

 

Yang perlu diperhatikan dari membersihkan telinga adalah berhati-hati agar tidak membuat kotoran masuk semakin dalam ke telinga dan berhati-hati agar tidak melukai telinga. Berikut ini adalah cara membersihkan telinga yang aman untuk dilakukan:

1. Jangan mengorek telinga

Jangan mengambil risiko dengan mengorek-ngorek telinga apalagi sampai ke bagian tengah maupun bagian terdalam telinga. Selain hanya membuat kotoran masuk semakin dalam, hal ini juga dapat menimbulkan luka di dalam telinga.

Kotoran yang masuk semakin dalam juga bisa mengendap, mengeras, bahkan membatu. Hal ini merupakan salah satu penyebab berkurangnya kualitas pendengaran seseorang.

2. Gunakan tetesan yang mampu melunakkan kotoran

Jika kotoran telinga Anda keras, cobalah untuk membersihkannya dengan menggunakan minyak, atau gliserin, atau obat tetes telinga khusus yang biasanya mengandung hidrogen peroksida.

Biasanya kotoran yang mulai melunak akan keluarg dengan sendirinya.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami