Ini 6 Keuntungan Orangtua Ikuti Kelas Parenting
Sumber: Relationship Matters

Parenting / 9 November 2021

Kalangan Sendiri

Ini 6 Keuntungan Orangtua Ikuti Kelas Parenting

Lori Official Writer
2711

Menjadi orangtua bukanlah tanggung jawab yang gampang. Apalagi kalau harus merawat dua atau tiga anak balita sekaligus. Karena itulah diperlukan keahlian khusus supaya orangtua bisa mengatasi beragam masalah terkait anak.

Salah satu cara untuk meningkatkan keahlian ini adalah ikut kelas parenting. Kelas ini terbukti bisa sangat membantu orangtua untuk menguasai berbagai situasi dan kondisi saat berhadapan dengan anak.

Ada 6 keuntungan yang bisa didapatkan dari kelas parenting, diantaranya:

1. Dilatih Untuk Menangani Masalah-masalah Mendasar Pengasuhan

Kebanyakan orangtua merasa takut saat mereka baru jadi orangtua setelah melahirkan anak pertama.

Cara memberi makan dan merawat bayi adalah salah satu tantangan yang akan ibu baru hadapi. Setelah anak beranjak besar, orangtua harus mulai memikirkan tentang pendidikan anak.

Di kelas parenting, orangtua akan dibantu untuk lebih banyak dipersiapkan untuk menghadapi tahapan-tahapan mendasar tersebut.

Saat orangtua menguasai teknisnya, maka gak akan ada rasa takut yang muncul. Sebaliknya, orangtua baru akan lebih percaya diri setelah punya anak. Saat orangtua memiliki sikap percaya diri ini, percayalah proses pengasuhan akan jauh lebih mudah.

 

Baca Juga: Menjadi Orang Tua Hebat yang Mampu Berkomunikasi dengan Anak

 

2. Lebih Banyak Tahu Pengalaman Pengasuhan Dari Orang Lain

Sebagai orangtua yang sibuk, mungkin sulit untuk mendapatkan informasi terbaru soal pengasuhan. Karena itulah ikut dalam kelas parenting akan membantu orangtua mendapatkan lebih banyak pengalaman pengasuhan dari berbagai sumber, baik dari orangtua lain maupun dari berbagai hasil penelitian resmi.

Orangtua akan lebih memahami tentang bagaimana memilah mana hal yang perlu dan tidak perlu dilakukan kepada anak. Seperti contoh, apakah anak perlu mendapatkan pujian, apakah orangtua perlu membantu anak mengerjakan tugas sekolah dan sebagainya.

Ada beragam jenis pola pengasuhan yang ditawarkan dan diterapkan kepada anak. Tapi tentu saja tak semua pola pengasuhan yang dilakukan orangtua lain akan cocok dengan anak-anakmu. Karena itulah penting bagi orangtua untuk memilah pola pengasuhan mana yang cocok untuk anak.

3. Melatih Orangtua Untuk Bisa Mengatasi Masalah Anak

Kelas parenting melatih orangtua berbagai keahlian dalam menangani masalah anak. Mulai dari bagaimana menjawab pertanyaan yang diajukan sampai menemukan strategi yang tepat untuk mengatasi masalah anak.

 

Baca Juga: Mau Jadi Papa Mama Hebat Buat Anak? Belajar Ilmu Parenting di Event Ini Yuk…

 

4. Mampu Menemukan Gaya Pengasuhan Yang Tepat Sesuai Dengan Kepribadian Anak

Sangat penting bagi orangtua untuk menemukan gaya pengasuhan yang tepat sesuai dengan kepribadian anak. Misalnya, gaya disiplin, jenis pujian dan hal-hal lainnya.

Sama seperti guru yang mengajar di kelas, orangtua juga harus bisa memperlakukan anak sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

5. Membentuk Orangtua Yang Bisa Dipercaya

Menjadi orangtua membutuhkan keberanian dan upaya untuk melakukannya. Pura-pura tahu tentang sesuatu yang anak tanyakan, hanya akan membuat kepercayaan anak kepada orangtua jadi hilang. Karena itulah penting bagi orangtua untuk belajar tentang bagaimana menjadi pribadi yang bisa dipercayai anak dalam berbagai aspek tentunya.

Di kelas pengasuhan, orangtua akan mendapatkan pelajaran ini. Dan siap untuk jadi role model bagi anak.

6. Mendapatkan Dukungan Dari Orangtua Lain

Kadang-kadang orangtua hanya perlu mendengarkan seseorang yang tahu tentang masalah yang kamu hadapi. Apa kamu punya anak berusia 18 bulan atau punya anak 10 tahun yang mulai punya pilihannya sendiri? Kamu perlu menemukan orang tua lain yang sudah melewatinya dan mengerti dengan posisimu.

Kelas pengasuhan bukan hanya tempat berkumpulnya para orangtua. Tapi itu adalah bengkel dimana masalah-masalah anak bisa ditangani dengan cara saling berbagi dan memberikan masukan. Kadang orangtua hanya butuh berbagi dengan sesama orangtua lain. Walaupun gak semua pola pengasuhan bisa diterapkan ke anak, tapi kelas parenting bisa jadi wadah latihan dan semakin mempertajam orangtua dalam keahliannya menghadapi masalah sesuai dengan kebutuhan anak.

 

Baca Juga: 5 Tips Parenting Dari Yosi Mokalu, Parents Catat Ini!

 

Apakah kamu orangtua baru yang masih takut menghadapi pengasuhan setelah punya anak? Jangan kuatir, kamu bisa ikutan kelas parenting. 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami