Wow Keren, 2 Pemuda Kristen Ini Turut Jadi Pelopor Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928!
Sumber: jawaban.com

Spirituality / 28 October 2021

Kalangan Sendiri

Wow Keren, 2 Pemuda Kristen Ini Turut Jadi Pelopor Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928!

Budhi Marpaung Official Writer
5133

Pada tanggal ini, 28 Oktober, bangsa Indonesia tengah memperingati hari Sumpah Pemuda. Jika dihitung maka Peringatan Sumpah Pemuda telah memasuki usia yang ke-93 tahun. Namun, tahukah kamu bahwa ada dua pemuda Kristen yang turut menjadi pelopor terjadinya peristiwa ini? Berikut adalah dua pemuda Kristen yang dimaksud:

1. J. Leimena


Johannes Leimena atau J. Leimena masih berusia 23 tahun ketika Kongres Pemuda II berlangsung. Ia hadir mewakili Jong Ambon pada saat itu. Peranannya pun termasuk penting karena ia merupakan salah satu panitia pelaksana acara tersebut.

Dari arsip yang ada, J.Leimena tercatat dalam kepanitiaan Kongres Ke-II sebagai Pembantu IV.  

2. Amir Sjarifuddin


(Amir Sjarifuddin / Sumber: Wikipedia)

Buku-buku sejarah di Indonesia mencatat namanya Amir Sjarifuddin (Syarifuddin) Harahap. Keberadaannya di Kongres Pemuda ke-II adalah mewakili Jong Batak.

Seperti halnya Leimena, Amir Sjarifuddin juga adalah panitia pelaksana acara. Di dalam daftar kepanitiaan, sepupu dari Todung Sutan Mulia Harahap ini adalah  sebagai bendahara.

 

Baca Juga: Sumpah Pemuda 2021, Menpora “Butuh Persatuan Pemuda untuk Mewujudkan Cita-cita Bangsa”

 

Jika melihat jejak rekam keduanya maka baik Leimena maupun Amir Sjarifuddin tetap mengambil bagian dalam mewujudkan dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Semoga ini menginspirasi kita semua para penerusnya yang beragama dan mengaku pengikut Kristus untuk melakukan hal yang sama bagi negeri kita.  

 

Khusus Hari Ini! Jawaban Doa Spesial Sumpah Pemuda "God's Perfect Plan" Gabung Sekarang, klik!

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami