Kerap Jadi Alasan Perceraian, Pahami Kenapa Pasangan Harus Mengelola Keuangan Bersama!

Kerap Jadi Alasan Perceraian, Pahami Kenapa Pasangan Harus Mengelola Keuangan Bersama!

Claudia Jessica Official Writer
255

Dua hal terpenting dalam pernikahan yang sehat adalah kerjasama dan komunikasi.

Tanpa kedua hal ini, sangat sulit bagi sebuah pernikahan untuk bertahan. Itu sebabnya pertengkaran uang dan masalah keuangan menjadi penyebab utama perceraian saat ini.

Ketika pasangan kekasih menikah, pendeta akan berkata, “kalian adalah satu.” Benar. Setelah menikah, kalian adalah tim yang menentukan keluarga dan masa depan bersama.

Ketika membicarakan tentang uang, kalian bisa menggunakan satu rekening bank. Itu berarti, pasangan suami-istri membuat anggaran bersama-sama. Artinya, pasangan suami-istri berada di halaman yang sama dalam segala hal yang berhubungan dengan uang.

Jika pasangan suami-istri tidak mengurus keuangan bersama, kalian mungkin akan mengalami ketegangan, stres, serta dapat menimbulkan perselisihan dalam pernikahan.

Misalnya, jika salah satu pasangan membuat anggaran tanpa memberitahu pasangannya, dan pasangan lainnya menghabiskan uang 2 juta rupiah untuk membeli televisi baru, tentu akan menimbulkan masalah bukan?

Beberapa orang mengaku menghabiskan setidaknya 500 ribu rupiah tanpa sepengetahuan pasangannya. Kami menyebut hal ini sebagai “ketidaksetiaan finansial,” dan itu adalah masalah yang saat ini sedang berkembang.

Ketika Anda dan pasangan menentukan anggaran yang disepakati bersama, tentu masalah seperti itu tidak akan terjadi. Setiap bulan, sebelum bulan baru dimulai, buatlah rencana anggaran keuangan keluarga.

 

BACA JUGA: 5 Prinsip Keuangan Alkitabiah yang Harus Diketahui Setiap Orang Kristen!

 

 

Tidak masalah apabila salah satu dari pasangan menjadi pemimpin kesepakatan anggaran ini, namun Anda berdua harus menyetujui anggaran dan memahami apa yang terjadi. Anda berdua perlu memahami situasi keuangan Anda.

Itulah alasan mengapa memiliki satu rekening bank utama yang digunakan berdua menjadi penting. Ketika Anda memiliki rekening terpisah, pikiran seperti “Ini adalah uang saya, dan itu adalah uangnya” akan lebih mudah muncul dan menjadi awal dari masalah.

Ketika memiliki satu akun bersama, kalian dapat menetapkan batas pada suatu pembelian tertentu tanpa berbicara terlebih dahulu dengan catatan tidak melebihi batas yang telah ditentukan. Misalnya, Anda memiliki batas 500 ribu, maka Anda bisa membeli sesuatu dengan harga 500 ribu atau kurang tanpa harus berbicara terlebih dahulu dengan pasangan.

Jumlah spesifik dapat Anda sesuaikan dengan penghasilan Anda. Bisa lebih besar atau lebih sedikit. Penting bagi pasangan suami-istri untuk mengetahui uang masuk dan keluar dari rekening Anda.

Tangan kiri perlu tahu apa yang dilakukan oleh tangan kanan!

 

 

BACA JUGA: Saat Dalam Krisis Keuangan, Berdoalah Dengan 6 Ayat Alkitab Ini…

Sumber : CBN
Halaman :
1

Ikuti Kami