Gereja Sion, Gedung Gereja Tertua di Indonesia, Genap Berusia 326 Tahun

Gereja Sion, Gedung Gereja Tertua di Indonesia, Genap Berusia 326 Tahun

daniel.tanamal Official Writer
305

Sejarah Kekristenan di Indonesia,  hari ini Sabtu 23 Oktober 2021 mencatatkan satu kabar sukacita, setelah Gedung Gereja tertua di Indonesia, Gereja Sion genap berusia 326  Tahun. Ibadah Syukur digelar di situs sejarah yang berlokasi di Jalan Pangeran Jayakarta, Jakarta Barat.

"Gedung ini menjadi saksi jaman yang tidak dapat dipungkiri sejarahnya. Kekuatan Allah selama masa kondisi saat ini, dapat kita rasakan dan hayati dalam 326 tahun perjalanan gedung gereja ini. Momen ini menjadi hal penting yaitu, apa pelajaran yang kita petik? Kita harus menyatakan kebenaran, hidup bersikap jujur dan meiliki daya juang. Juga berlaku adil kepada sesama, tanpa membedakan siapa mereka dan latarbelakang mereka, dan tanpa memandang perbedaan iman," demikian renungan dalam khotbah Pendeta Emeritus J.D Sihite M.Th.

Sementara itu, Ketua Majelis Pertimbangan PGI DKI Jakarta, Pendeta Manuel E Raintung, menyampaikan rasa sukacitanya atas HUT Gedung Gereja Sion, yang menurutnya menjadi representasi umat Kristen di Indonesia. 

“Tempat ini menjadi salahsatu destinasi wisata religi di Jakarta dan di Indonesia. Gedung Gereja sion bukan hanya sebagai kebanggaan jemaat, namun juga representasi umat Kristen di Indonesia. Namun yang penting lagi, bukan hanya kebanggaan usia dan gedungnya, namun semangat jemaatnya untuk terus menyala dan menjadi berkat,” ujar Ketua Majelis GPIB Kharis Pulo Gebang, Jakarta Timur ini.

Gereja yang awalnya bernama De Neuwu "Portugeesche Buintenkerk" ini dibangun dan diresmikan oleh Gubernur Jenderal Willem Van Horn (Pieter Van Horn). Peletakan Batu pertama dilakukan pada 19 Oktober 1693 dan diresmikan 23 Oktober 1695, dan juga pentahbisan gedung gereja oleh Pendeta Theodorus Zas. Arsitek gereja ini bernama E Ewout Verhagen asal Rotterdam, Belanda.

 

Sumber : Daniel Tanamal - Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami