Kenapa Kasihmu Harus Bisa Dirasakan Orang Lain?
Sumber: GKA Gloria Galaxy

Kata Alkitab / 12 October 2021

Kalangan Sendiri

Kenapa Kasihmu Harus Bisa Dirasakan Orang Lain?

Lori Official Writer
9262

Saat pertama mendengar kata KASIH, apa sih yang ada dibenak kamu? Kasih atau yang kita kenal dalam bahasa sehari-hari ‘cinta’ adalah perasaan sayang kepada seseorang atau orang lain. Kasih lah yang jadi dasar kuat kenapa Tuhan menciptakan kita dan menjadikan kita sebagai ciptaan yang paling agung diantara ciptaan lainnya. Karena kasih lah Tuhan membebaskan kita dari belenggu dosa, mengampuni kita dari kesalahan kita dan mengorbankan anak-Nya, Yesus Kristus sebagai tumbal atas dosa kita.

Satu-satunya alasan kedatangan Yesus ke dunia adalah karena kasih Allah itu sendiri. Sebab itulah di sepanjang pelayanan-Nya di dunia, Dia kerap menyampaikan bahwa KASIH adalah identitas orang-orang percaya.

“Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi."” (Yohanes 13: 35)

 

Baca Juga:

Ini Makna Kasih Sesungguhnya Dalam ‘1 Korintus’

4 Definisi Kasih Menurut Pengertian yang Tuhan buat Sendiri

 

Di sisi lain, kasih Tuhan pula yang mengubahkan Saulus menjadi Paulus. Sehingga hidupnya dipakai dengan luar biasa sehingga semakin luaslah peran KASIH dalam kehidupan kekristenan.

“Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.” (Korintus 13 : 4-7)

Kasih adalah sebuah konsep yang dipromosikan. Bukan cuma bagi orang Kristen, kasih ini juga ditanamkan di dalam kehidupan orang-orang berkeyakinan lain seperti Muslim, Yahudi, Hindu dan Budha bahkan Atheis dan Agnostik pun menerapkan konsep ini dalam kehidupannya sehari-hari.

Sebagai orang Kristen, kita nggak punya alasan untuk nggak tahu apa itu KASIH. 1 Korintus: 13 tidak menjelaskan kita soal definisi yang pasti soal kasih itu sendiri. Berbeda dengan yang disampaikan Yesus dalam Yohanes 13 bahwa ‘dunia akan tahu kalau kita adalah milik Kristus kalau kita saling mengasihi.’

Tahukah kamu apa yang sebenarnya terjadi kalau kita menerapkan dua ayat ini dalam hidup kekristenan kita? Dunia akan mengenali kita sebagai orang-orang yang penuh kesabaran. Mereka akan tahu kalau kita adalah orang Kristen lewat kesabaran, kemurahan hati dan kerendahan hati kita. Orang lain di sekitar kita akan mengenal kita sebagai sosok yang lembut. Kita dikenal karena sikap berkorban kita, penguasaan diri kita, dan kebaikan kita.

Orang di sekitar kita akan tahu kalau kejahatan hanya akan membuat kita sedih dan kebenaran membuat kita bahagia. Mereka juga akan mengenali kita karena kita suka melindungi orang lemah dan tidak menyimpan curiga terhadap orang lain.

 

Baca Juga:

Makna Kasih

 

Langkah Pertama Menjadi Orang yang Penuh Kasih

 

Mereka akan mengenali kita karena kita hidup dalam pengharapan di dalam Yesus. Mereka akan mengenali kita karena ketekunan kita dalam menjalani kehidupan.

Seperti itulah harusnya gambaran kasih yang harus kita miliki sebagai murid-murid Kristus.

Pikirkanlah gimana seharusnya kita hidup. Pikirkan gimana kalau seandainya kita hidup dengan kebiasaan buruk seperti suka mabuk-mabukan, suka mengeluarkan kata-kata kotor dan sebagainya. Dan sementara di sisi lain, kita malah menggembor-gemborkan tentang kasih kepada orang lain. Yang iyanya, kita akan dikenal sebagai orang Kristen yang munafik dan jadi batu sandungan.

Sebagai orang Kristen, kita harusnya menghidupi kasih yang radikal sebagaimana Paulus ajarkan kepada jemaat di Korintus.

Karena dengan itulah, dunia akan mengenal Yesus melalui hidup kita. Dan hasil akhirnya, kita sebagai orang-orang percaya akan mampu menaklukkan dunia dan membuat dunia dipenuhi dengan kasih yang daripada Tuhan saja.

 


Anda diberkati dengan konten-konten kami? Mari dukung kami untuk terus memberkati lebih banyak orang melalui konten-konten terbaik di website ini.

Yuk bergabung jadi mitra Jawaban.com hari ini.

 

DAFTAR 

Sumber : Crosswalk.com | jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami