PGI dan KWI Umumkan Tema Natal 2021, Berikut Kutipan Ayat dan Maknanya...

PGI dan KWI Umumkan Tema Natal 2021, Berikut Kutipan Ayat dan Maknanya...

Lori Official Writer
2288

Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) dan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) resmi mengumumkan tema Natal 2021 pada Jumat, 9 Oktober 2021 lalu.

Tema Natal 2021 kali ini mengusung pesan “Cinta Kasih Kristus yang Menggerakkan Persaudaraan” yang dikutip dari ayat Alkitab 1 Petrus 1: 22, “Karena kamu telah menyucikan dirimu oleh ketaatan kepada kebenaran, sehingga kamu dapat mengamalkan kasih persaudaraan yang tulus ikhlas, hendaklah kamu bersungguh-sungguh saling mengasihi dengan segenap hatimu.”

Sebagaimana disampaikan oleh Pdt. Cherly L. N. Mantiri-Naray, MTh dari Bidang Keesaan dan Pembaruan Gereja (KPG), tema Natal tahun ini berketepatan dirancang oleh PGI. Lewat rapat bersama dengan MPH dan bidang Komisi, Teologi dan Liturgi akhirnya tercetus ide mengangkat tema terkait cinta kasih kepada sesama. 

 

Baca Juga: PGI dan KWI Tetapkan Tema Natal 2020, Berikut Rinciannya...

 

Tema ini muncul dari beragam kondisi yang terjadi di Indonesia, mulai dari banyaknya kasus kematian akibat pandemi serta bencana alam yang silih berganti mendera berbagai wilayah di tanah air. Bukan hanya itu, PGI juga menyoroti munculnya kesenjangan sosial di tengah masyarakat yang mampu dan tidak mampu terkait pemenuhan kebutuhan dasar dan kesehatannya di masa pandemi.

“Di masa pandemi ini, hampir dua tahun, kita begitu banyak kehilangan. Di katakan di situ, Yesus sebagai pengharapan di tengah-tengah kerapuhan dan kerentanan situasi sekarang. Cuma Yesus yang bisa untuk harapan kita supaya kita tidak terperosot dan larut dalam situasi ini,” ungkap Pdt. Cherly kepada Jawaban.com, Senin (11/10).

Dia juga mengungkapkan bahwa tema Natal 2021 ini terkait dengan tema Sidang Raya WCC 2022 yang mengangkat tema “Cinta Kasih Kristus Menggerakkan Persatuan”.

“Dari situlah diangkat dan dihubung-hubungkan dengan situasi ini,” katanya.

Sementara pihak KWI berpikir jika tema Natal 2021 kali ini juga menyampaikan tentang pesan Paus Fransiskus terkait Fratelli Tutti atau “Kita Semua Bersaudara”.

“Dengan berbagai pemikiran ini, diusulkanlah. Pertama sih cinta kasih Kristus yang membangun persaudaraan. Tapi kemarin itu sempat bilang kalau ‘membangun’ berarti dari tidak ada sama sekali untuk membangun. Akhirnya finalnya dari PGI ‘menggerakkan’ Cinta Kasih Kristus yang Menggerakkan Persaudaraan,” terangnya.

Sementara dari poster tema Natal 2021 yang terpampang di laman Pgi.or.id, tampak ilustrasi gambar dimana sebuah tangan dengan lengan baju yang setengah terlipat merangkul satu sosok manusia yang dibuat dengan latar warna coklat. 

Uniknya, sosok ini dipenuhi dengan gambar-gambar manusia. Sementara bagian belakang diisi dengan panorama alam yang mengering karena kemarau, reruntuhan bangunan serta asap yang menggembul ke langit. 

Poster ini sendiri diketahui merupakan karya buatan tangan kartunis bernama Thomdean. Adapun makna dibaliknya menggambarkan seluruh pesan Natal 2021 yang hendak disampaikan oleh PGI dan KWI.

 

Baca Juga: Makna Dibalik Nama Imanuel Dalam Tema Natal 2020: Mereka Menamakan-Nya Imanuel!

 

Makna Dibalik Poster Tema Natal 2021

1. Tangan yang merangkul

Tangan yang merangkul adalah simbol tangan Tuhan yang penuh cinta kasih, yang

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

 

merangkul untuk memegang, menjaga dan juga menggerakkan umat Tuhan untuk hidup bersama sebagai saudara setanah air.

Tangan ini juga dimaknai sebagai kita sesama yang menjadi tangan-tangan Kristus bagi saudara yang lain dan digerakkan untuk tolong menolong sebagai wujud persaudaraan sejati.

Gambaran ini juga diinspirasi dari adegan film Jesus Christ Superstar ketika Yesus dikerubuti oleh para penderita kusta, yang buta, yang pincang dan ragam jenis manusia yang membutuhkan pertolongan. Yesus terlihat kewalahan karena banyaknya orang yang ingin mengalami pemulihan. Kemudian Yesus tiba-tiba berteriak: “Wow, pekerjaan begini banyak, sementara tanganku hanya dua!”

 

Baca Juga: #KataAlkitab: Makna Natal di Tengah Pandemi

 

2. Gambar penuh manusia dan pemandangan alam.

Jika diamati lebih dekat, karikatur berbentuk badan manusia berwarna coklat di dalam gambar berisi banyak gambar mausia. Gambar inilah melambangkan semua saudara setanah air di Indonesia, tanpa mengenal sekat agama. 

Gambar ini merefleksikan tentang bagaimana tangan Tuhan merangkul semua umat manusia, tanpa terkecuali.

Sementara gambar pemandangan alam yang ada di balik gambar, menunjukkan bagaimana Tuhan juga menjamah dan memulihkan alam yang saat ini sudah tercemar dan rusak.

3. Tangan di dalam gambar ini hendak mengatakan kepada kita, jadilah tangan-tangan Kristus, karena mungkin mereka juga sekarang sedang berteriak, kewalahan.

Pdt. Cherly mengungkapkan bahwa hasil akhir dari penetapan tema Natal ini sudah menempuh banyak diskusi bersama penanggung jawab terkait di badan PGI maupun bersama dengan KWI. 

 

Baca Juga: Kamu Harus Tahu, Inilah Makna Natal yang Sesungguhnya!

 

PGI berharap dengan dikeluarkannya tema Natal 2021 ini, gereja-gereja anggota PGI dan KWI bisa menyebarkan pesan terkait ‘Cinta Kasih Kristus yang Menggerakkan Persaudaraan’ kepada jemaatnya.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami