PGI dan KWI Umumkan Tema Natal 2021, Berikut Kutipan Ayat dan Maknanya...
Sumber: Jawaban.com

News / 11 October 2021

Kalangan Sendiri

PGI dan KWI Umumkan Tema Natal 2021, Berikut Kutipan Ayat dan Maknanya...

Lori Official Writer
43756

Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) dan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) resmi mengumumkan tema Natal 2021 pada Jumat, 9 Oktober 2021 lalu.

Tema Natal 2021 kali ini mengusung pesan “Cinta Kasih Kristus yang Menggerakkan Persaudaraan” yang dikutip dari ayat Alkitab 1 Petrus 1: 22, “Karena kamu telah menyucikan dirimu oleh ketaatan kepada kebenaran, sehingga kamu dapat mengamalkan kasih persaudaraan yang tulus ikhlas, hendaklah kamu bersungguh-sungguh saling mengasihi dengan segenap hatimu.”

Sebagaimana disampaikan oleh Pdt. Cherly L. N. Mantiri-Naray, MTh dari Bidang Keesaan dan Pembaruan Gereja (KPG), tema Natal tahun ini berketepatan dirancang oleh PGI. Lewat rapat bersama dengan MPH dan bidang Komisi, Teologi dan Liturgi akhirnya tercetus ide mengangkat tema terkait cinta kasih kepada sesama. 

 

Baca Juga: Info Penting! PGI Imbau Gereja-gereja Rayakan Natal dan Tahun Baru Tak Berlebihan

 

Tema ini muncul dari beragam kondisi yang terjadi di Indonesia, mulai dari banyaknya kasus kematian akibat pandemi serta bencana alam yang silih berganti mendera berbagai wilayah di tanah air. Bukan hanya itu, PGI juga menyoroti munculnya kesenjangan sosial di tengah masyarakat yang mampu dan tidak mampu terkait pemenuhan kebutuhan dasar dan kesehatannya di masa pandemi.

“Di masa pandemi ini, hampir dua tahun, kita begitu banyak kehilangan. Di katakan di situ, Yesus sebagai pengharapan di tengah-tengah kerapuhan dan kerentanan situasi sekarang. Cuma Yesus yang bisa untuk harapan kita supaya kita tidak terperosot dan larut dalam situasi ini,” ungkap Pdt. Cherly kepada Jawaban.com, Senin (11/10).

Dia juga mengungkapkan bahwa tema Natal 2021 ini terkait dengan tema Sidang Raya WCC 2022 yang mengangkat tema “Cinta Kasih Kristus Menggerakkan Persatuan”.

“Dari situlah diangkat dan dihubung-hubungkan dengan situasi ini,” katanya.

Sementara pihak KWI berpikir jika tema Natal 2021 kali ini juga menyampaikan tentang pesan Paus Fransiskus terkait Fratelli Tutti atau “Kita Semua Bersaudara”.

“Dengan berbagai pemikiran ini, diusulkanlah. Pertama sih cinta kasih Kristus yang membangun persaudaraan. Tapi kemarin itu sempat bilang kalau ‘membangun’ berarti dari tidak ada sama sekali untuk membangun. Akhirnya finalnya dari PGI ‘menggerakkan’ Cinta Kasih Kristus yang Menggerakkan Persaudaraan,” terangnya.

Sementara dari poster tema Natal 2021 yang terpampang di laman Pgi.or.id, tampak ilustrasi gambar dimana sebuah tangan dengan lengan baju yang setengah terlipat merangkul satu sosok manusia yang dibuat dengan latar warna coklat. 

Uniknya, sosok ini dipenuhi dengan gambar-gambar manusia. Sementara bagian belakang diisi dengan panorama alam yang mengering karena kemarau, reruntuhan bangunan serta asap yang menggembul ke langit. 

Poster ini sendiri diketahui merupakan karya buatan tangan kartunis bernama Thomdean. Adapun makna dibaliknya menggambarkan seluruh pesan Natal 2021 yang hendak disampaikan oleh PGI dan KWI.

 

Baca Juga: Rayakan Natal Bareng Superbook Indonesia Yuk, Ini Tanggalnya…

 

Makna Dibalik Poster Tema Natal 2021

1. Tangan yang merangkul

Tangan yang merangkul adalah simbol tangan Tuhan yang penuh cinta kasih, yang

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami