Banyak Manfaatnya! Berjalan Ternyata Bisa Cegah Kolesterol Juga Lho!

Banyak Manfaatnya! Berjalan Ternyata Bisa Cegah Kolesterol Juga Lho!

Claudia Jessica Official Writer
365

Banyak orang percaya bahwa berjalan secara teratur memiliki manfaat kesehatan dan psikologis dari perjalanan sehari-hari mereka. Dan ahli kesehatan Michael Roizen, MD, memberikan lima alasan mengapa mereka benar.

1. Berjalan mengurangi stres, dan menghibur

Jika Anda pernah keluar untuk berjalan-jalan saat merasa stress dan merasa lebih baik ketika kembali, Anda telah merasakan manfaat berjalan yang mengurangi rasa stres secara nyata. Hal ini terjadi karena berjalan membuat detak jantung Anda naik dan menurunkan tingkat stress Anda sekaligus mengurangi kemungkinan terkena penyakit lebih lanjut seperti stroke, sindrom patah hati, serta kardiomiopati, kata Dr. Roizen.

Studi mengkonfirmasi bahwa berjalan bermanfaat bagi suasana hati Anda, dengan melepaskan obat bahagia alami tubuh Anda, endorfin.

2. Bisa menurunkan berat badan dengan berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari

Salah satu latihan terbaik untuk menurunkan berat badan adalah berjalan. Berjalan relatif mudah dilakukan, tidak berat bagi persendian, gratis, dan Anda bisa melakukannya setiap hari.

Untuk memulai rutinitas berjalan sebagai kebugaran, cobalah untuk memulai berjalan kaki 20 menit setiap hari. Jika 20 menit terlalu lama, Anda bisa memulainya dari waktu yang lebih singkat. Namun tujuan Anda adalah untuk membangun kebiasaan berjalan selama 30 menit setiap hari. Setelah terbiasa melakukannya, Anda bisa menaikkan target Anda hingga menjadi 10.000 langkah setiap hari.

 

BACA JUGA: Jalan Kaki, Olahraga yang Paling Malas Dilakuin Tapi Paling Bikin Sehat Badan Loh!

 

3. Menurunkan tekanan darah, meningkatkan kualitas tidur, dan memberi energi

Telah terbukti bahwa pejalan kaki biasanya memiliki lebih sedikit resiko serangan jantung dan stroke. Selain itu, berjalan juga membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) daripada orang-orang yang tidak berolahraga.

Berjalan kaki dapat menurunkan tekanan darah dan LDL (kolesterol jahat), menurunkan risiko berbagai jenis kanker, dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.  Dr. Roizen menambahkan, berjalan juga bisa meningkatkan kualitas tidur dan membuat Anda tetap berenergi saat bangun.

4. Berkurangnya keinginan ngemil setelah berjalan selama 15 menit

BM atau singkatan dari Banyak Mau yang saat ini sering kali digunakan oleh anak muda ini merupakan mimpi buruk bagi orang-orang yang sedang mencoba menurunkan berat badan. Bisanya makanan yang diinginkan pun cenderung padat kalori, berlemak atau manis.

Namun temuan baru dari University of Exeter menunjukkan bahwa jalan kaki dapat mengurangi keinginan untuk mengkonsumsi gula, baik selama berjalan maupun sekitar 10 menit sesudahnya. Temuan para peneliti menunjukkan bahwa berjalan pada akhirnya membantu orang menurunkan berat badan tidak hanya dengan meningkatkan jantung dan metabolisme, tetapi juga dengan mengekang keinginan untuk camilan manis, seperti coklat.

Dengan berjalan kaki singkat, penelitian ini menemukan bahwa orang dapat mengatur asupan makanan manis harian mereka. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari berjalan kaki, olahraga yang sangat sederhana. Jadi, apakah Anda mau mulai hidup sehat?

 

 

BACA JUGA: Hanya Ini Satu-satunya Jalan Keluar Dari Dosa

Sumber : clevelandclinic
Halaman :
1

Ikuti Kami