Untuk Apa Berdoa Jika Tidak Yakin Akan Dikabulkan?

Untuk Apa Berdoa Jika Tidak Yakin Akan Dikabulkan?

Claudia Jessica Official Writer
957

Jika tidak yakin doa kita dikabulkan, mengapa berdoa?

Tuhan ingin kita semua berada dalam hubungan yang dekat dengan-Nya. Dalam hubungan, penting untuk berkomunikasi secara teratur. Doa adalah komunikasi dengan Tuhan, jadi itu penting untuk hubungan kita dengan-Nya.

Alkitab penuh dengan ayat-ayat yang mendorong kita untuk berdoa seperti Kolose 4:2 mengatakan, “Bertekunlah dalam doa dan dalam pada itu berjaga-jagalah sambil mengucap syukur.”

Efesus 6:18 “Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus.”

Dalam 1 Tesalonika 5:17, kita didorong untuk berdoa terus-menerus.

Ketika Yesus memberikan contoh doa kepada murid-muridNya dalam Matius 6: 9-13 yang kemudian dikenal sebagai Doa Bapa Kami, Yesus menekankan hubungan manusia dengan Allah. Ia memasukkan unsur-unsur seperti pujian dan penyembahan “Bapa kami yang di surga, dikuduskan nama-Mu”, berfokus pada kehendak Allah “datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu, di bumi seperti di surga”, dan meminta kehendak Allah. Kekuatan untuk membantu kami “Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat.” Itu semua berpusat pada pentingnya berada dalam hubungan dengan Tuhan.

Doa memusatkan perhatian kita pada Tuhan, yang menumbuhkan iman kita. Pada dasarnya, doa penting bagi kehidupan kita, karena, seperti yang diingatkan dalam 2 Korintus 5: 7, “sebab hidup kami ini adalah hidup karena percaya, bukan karena melihat.”

Doa juga menghubungkan kita dengan kekuatan Tuhan untuk membantu kita dalam keadaan apapun. 2 Samuel 22:33 menyatakan, “Allah, Dialah yang menjadi tempat pengungsianku yang kuat dan membuat jalanku rata.” Tanpa doa, jalur komunikasi kita dengan Tuhan terputus, meninggalkan kita bergumul dengan keraguan dan kelemahan. Tetapi ketika kita berdoa, kita terhubung dengan Tuhan yang mahakuasa yang sangat peduli pada kita

Meskipun kita tidak dapat memprediksi bagaimana Tuhan akan memilih untuk menjawab doa-doa kita, kita dapat yakin bahwa doa-doa kita akan membuahkan hasil yang baik, karena Tuhan itu baik dan akan menjawab sesuai dengan karakter baiknya.

Melalui proses berdoa, kita memelihara hubungan yang sangat penting yang kita miliki dengan Tuhan. Kita mungkin tidak dapat mengantisipasi jawaban Tuhan, tetapi kita bisa yakin bahwa doa kita bermanfaat. Yakobus 5:16 meyakinkan kita bahwa, “Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.”

Mengapa berdoa ketika kita tidak yakin apa jawaban Tuhan atas doa-doa kita? Berdoa adalah bagian penting dari tumbuh lebih dekat dengan Tuhan, sumber dari semua cinta dan kebijaksanaan. Memupuk kehidupan doa kita merupakan pilihan yang berharga karena hal itu memperkuat hubungan kita dengan Pencipta kita dan menyambut kasih dan hikmat-Nya ke dalam hidup kita.

Semakin banyak kita berdoa, semakin banyak kita dapat menemukan keajaiban melalui prosesnya. Itu akan menginspirasi kita untuk tetap setia dalam berdoa, karena kita tahu bahwa Tuhan akan benar-benar menemui kita di sana.

 

BACA JUGA: Berapa Kali Kita Harus Berdoa Untuk Satu Hal yang Sama?

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami