Untuk Apa Berdoa Jika Tidak Yakin Akan Dikabulkan?

Untuk Apa Berdoa Jika Tidak Yakin Akan Dikabulkan?

Claudia Jessica Official Writer
948

Mengapa beberapa doa kita tidak dikabulkan?

Kita bisa berkecil hati ketika tidak merasakan jawaban atas doa-doa kita, bahkan setelah kita berdoa dalam waktu yang cukup lama untuk situasi yang sama. Kita mungkin berharap Tuhan akan menjawab doa-doa kita dalam waktu tertentu, dan dengan cara tertentu. Ketika itu tidak terjadi, kita mungkin merasa ingin menyerah.

Sangat penting untuk mengingatkan diri kita sendiri bahwa tidak ada doa yang benar-benar tidak dijawab. Tuhan selalu menjawab doa kita, tapi terkadang jawabannya adalah “tidak”, dan terkadang Tuhan berkata “tunggu.”

Yesaya 55: 8-9, Allah memberi tahu kita, “Dia yang menyatakan aku benar telah dekat. Siapakah yang berani berbantah dengan aku? Marilah kita tampil bersama-sama! Siapakah lawanku beperkara? Biarlah ia mendekat kepadaku! Sesungguhnya, Tuhan ALLAH menolong aku; siapakah yang berani menyatakan aku bersalah? Sesungguhnya, mereka semua akan memburuk seperti pakaian yang sudah usang; ngengat akan memakan mereka.” Tuhan lebih tau apa yang benar-benar terbaik. Begitulah cara Dia menjawab doa kita.

Kita bisa yakin bahwa Tuhan benar-benar berkomitmen untuk memberikan apa yang kita minta, selama itu sejalan dengan kehendak-Nya. 1 Yohanes 5: 14-15 meyakinkan kita, “Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya. Dan jikalau kita tahu, bahwa Ia mengabulkan apa saja yang kita minta, maka kita juga tahu, bahwa kita telah memperoleh segala sesuatu yang telah kita minta kepada-Nya.”

Tuhan bukanlah jin atau mesin penjual otomatis. Kita mungkin tergoda untuk memohon atau tawar-menawar dengan Tuhan ketika membutuhkan sesuatu yang mendesak, tetapi pendekatan itu tidak membantu kita atau menghormati Dia. Tuhan tidak akan memberikan apa yang kita inginkan jika itu bukan yang terbaik untuk kita.

Berdoa menurut kehendak Tuhan berarti berdoa sesuai dengan nilai-nilai yang Alkitab katakan penting bagi Tuhan, dan mencari hikmat Roh Kudus dalam setiap situasi. Seperti yang dikatakan dalam Yakobus 1: 5:

“Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, — yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit —, maka hal itu akan diberikan kepadanya.”

 

BACA JUGA: 10 Hal yang Patut Kita Tiru Dari Cara Paulus Berdoa, Salah Satunya Mengucap Syukur Loh!

 

Menjalin hubungan yang dekat dengan Yesus dan mempelajari Alkitab dapat membantu kita mengetahui apa yang harus didoakan, dan Yesus ingin sekali mengatakan “ya” pada doa-doa yang mencerminkan pilihan-pilihan yang tepat itu.

Yesus berjanji dalam Yohanes 15:7 “Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.”

Ketika kita mempercayai Tuhan untuk menjawab doa-doa kita sesuai dengan kehendak-Nya, kita bisa mendapatkan jawaban yang memberkati kita yang lebih dari pada yang kita harapkan. Efesus 3: 20 “Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita.”

 

Baca halaman selanjutnya -->

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami