Manuel Raintung: Generasi Muda Indonesia Harus Jadi Agen Kerukunan

Manuel Raintung: Generasi Muda Indonesia Harus Jadi Agen Kerukunan

daniel.tanamal Official Writer
1514

Generasi muda Indonesia diajak menjadi agen kerukunan sebagai salah satu cara menyebarluaskan pesan perdamaian dan kebersamaan, khususnya antar umat beragama. Hal ini disampaikan Wakil Sekretaris FKUB DKI Jakarta yang juga Ketua Majelis Pertimbangan PGI DKI Jakarta, Pendeta Manuel Esau Raintung, S.Si., MM, dalam diskusi interaktif “Kesaktian Pancasila Menjawab Tantangan Kerukunan” di Graha Mental Spiritual Pemprov DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Jumat (1/10).

“Generasi muda ini perlu diberikan tugas khusus, utamanya untuk membangun kerukunan, membangun harmoni. Semangat menyebarluaskan pesan kerukunan ini tidak bisa semua melulu dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). Kita akan sangat senang jika ada komunitas antar agama yang bisa ikut menginisiasi nilai-nilai kerukunan antar umat beragama,” ujar Raintung.

Dirinya menambahkan bahwa saat ini banyak orang hanya mengenali kerja dan tugas FKUB hanya terpusat di rekomendasi Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk rumah-rumah ibadah yang sering menimbulkan problem ditengah masyarakat. “Ada 21 orang di FKUB DKI Jakarta dari 6 agama. Banyak orang tahunya kita hanya ngurusin IMB, padahal bukan hanya itu saja. Ada program dan tugas yang sangat penting lainnya yang kami kerjakan. Untuk itulah, kami berharap dan juga mengajak seluruh komunitas antar umat beragama, ikut serta menginisiasi gerakan dan kegiatan yang mengedepankan semangat kerukunan dan kebersamaan,” tambahnya.

Raintung menyadari bahwa sudah ada komunitas-komunitas atau forum kerjasama umat yang ingin mewujudkan semangat kerukunan dan kebersamaan, namun sampai saat ini belum terlalu terdengar. “Ini sudah ada forum-forum persahabatan antar agama, dan harus terus dikembangkan, dan kegiatannya harus diwujudkan, ini semua sudah ada, tapi belum terasa. Untuk itu generasi muda ini yang harus kita beri tugas untuk melakukannya.”

Terakhir, mantan Ketua PGI DKI Jakarta berharap agar seluruh elemen pergerakan baik ditingkat atas, menengah hingga ke bawah dapat diperlengkapi mengenai semangat kerukunan dan kebersamaan. Menurutnya jika hal ini diutamakan oleh pemerintah dan masyarakat, gejolak atau gesekan yang terjadi ditengah umat beragama akan menghilang.

 

Sumber : Daniel Tanamal - Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami