5 Cara Agar Hidup Lebih Berarti
Sumber: Vibrant Life

Kata Alkitab / 27 September 2021

Kalangan Sendiri

5 Cara Agar Hidup Lebih Berarti

Lori Official Writer
2551

Apakah hidup Anda sudah berarti?

Menurut Paulus Wiratno, untuk menjadi orang yang berarti dalam hidup bisa dilakukan dengan 5 cara ini.

1. Hargai Orang Setiap Hari.

Anda baru akan menambahkan nilai kepada orang-orang jika Anda melihat nilai pada mereka. Anda tidak bisa berkeyakinan bahwa orang tidak penting dan memberi nilai tambah kepada mereka di waktu yang sama. John mempelajari pelajaran ini dari ayahnya, yang berkata, “Banyak orang merasa kurang dihargai, tidak percaya diri, dan tersesat. Jika Anda menunjukkan kepada mereka bahwa Anda menghargai mereka dan Anda mencintai mereka tanpa syarat, Anda akan membuat perbedaan.”

Bagaimana perasaan Anda jika orang lain menghargai Anda? Bagaimana jika orang menurunkan harga diri Anda? Bagaimana Anda diperlakukan memengaruhi perasaan tentang diri Anda sendiri dan bagaimana Anda memperlakukan orang lain. Ingat akan hal ini saat Anda berinteraksi dengan orang lain. Apabila Anda menghargai diri sendiri dan menghargai orang lain, Anda menciptakan siklus interaksi positif yang membuat hidup lebih baik bagi semua orang.

 

Baca Juga: Bagaimana Hidup Penuh Harapan?

 

2. Pikirkan ke Depan Mengenai Cara Menghargai Orang Setiap Hari.

Orang-orang yang membuat perbedaan memikirkan cara-cara untuk menambah nilai kepada orang-orang lebih dahulu. Mereka proaktif tentang hal itu. Sekilas memperhatikan kalender Anda di pagi hari dapat memberikan gagasan untuk menambah nilai. Ke mana Anda akan pergi? Siapa yang akan Anda temui? Dengan cara apa Anda membantu orang? Peluang tidak terbatas — jika Anda terencana dalam pemikiran Anda.

Baru-baru ini John C. Maxwell menantang para cucunya untuk memikirkan cara-cara menambah nilai kepada orang lain setiap hari. Cucu laki-lakinya yang berusia dua belas tahun, John, menerima nasihat itu. Dia sedang belajar golf, dan di setiap pelajaran, instrukturnya menyediakan segelas air untuknya. Suatu hari yang panas, John muda memutuskan bahwa dia akan memberikan segelas air untuk instrukturnya sebagai gantinya. John muda bahkan mengambil fotonya dan mengirimkannya kepada kakeknya untuk menunjukkan kepadanya bahwa dia sedang belajar pelajaran tersebut.

Anda dapat melakukan hal serupa. Seperti yang Anda ketahui, itu tidak memerlukan sesuatu yang besar atau mahal. Hanya diperlukan perhatian. Mulailah hari Anda dengan memikirkan cara-cara khusus untuk menambah nilai kepada orang-orang.

3. Carilah Cara untuk Menambah Nilai Bagi Orang Setiap Hari.

Dalam bukunya, Winning with People, John C. Maxwell menulis tentang Prinsip Lensa, yaitu, “Siapa kita menentukan cara kita melihat orang lain.” Sebagai contoh, jika kita egois, kita mencari orang lain untuk memberi nilai tambah kepada kita. Jika kita menginginkan kebermaknaan, kita mencari cara untuk menambah nilai kepada orang lain. Dalam hidup, Anda juga bisa menambah atau mengurangi nilai orang lain.

 

Baca Juga: Life Squad : Berkompetisi Untuk Memberi

 

Mereka yang mengurangi nilai berfokus pada mengambil untuk diri mereka sendiri. Mereka yang menambahkan nilai berfokus pada memberi kepada orang lain. Saat Anda menjalani hari Anda, pola pikir mana yang Anda miliki? Jika Anda memiliki pola pikir untuk memberi, Anda akan peduli tentang kebutuhan orang lain dan mencari cara untuk memenuhinya. Anda akan melihat hari Anda suatu rangkaian peluang untuk membantu orang.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Paulus Wiratno
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami