#FaktaAlkitab: Sosok Nabi-nabi Palsu yang Tercatat Dalam Alkitab
Sumber: Jawaban.com

Fakta Alkitab / 26 September 2021

Kalangan Sendiri

#FaktaAlkitab: Sosok Nabi-nabi Palsu yang Tercatat Dalam Alkitab

Lori Official Writer
22440

CIRI-CIRI NABI PALSU

Selain memperingatkan tentang kehadiran nabi palsu di tengah umat, Alkitab juga menyajikan kepada kita ciri-ciri dari dari nabi palsu. 

Nabi palsu memiliki sifat munafik. Matius 7:15 menggambarkan tentang nabi palsu yang terkesan tampak baik tetapi aslinya jahat, mereka menyamar seperti domba tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.

Nabi palsu memiliki pembenaran palsu. Dalam Roma 10:3 disebutkan bahwa nabi palsu tidak mengenal dan tidak takluk pada kebenaran Allah, melainkan berusaha mendirikan kebenaran mereka sendiri. 

Nabi palsu disebut juga guru-guru palsu. 2 Petrus 2:1 menuliskan bahwa akan tampil guru-guru palsu di tengah-tengah umat dengan pengajaran-pengajaran sesat, yang berujung kebinasaan. Mereka menyangkal Yesus Kristus yang telah menebus mereka, sehingga mendatangkan juga kebinasaan atas diri mereka sendiri.

Nabi palsu memberitakan Injil palsu seperti yang disampaikan dalam Galatia 1: 8.

 

Baca Juga: #FaktaAlkitab: Zefanya, Nabi yang Menubuatkan Kedatangan Tuhan yang Kedua Kali

 

Nabi palsu mempunyai mujizat palsu (Matius 24:24). Nabi palsu dapat saja melakukan mujizat, tetapi mujizat yang mereka lakukan tidak datang dari Tuhan. Mereka dapat melakukan itu dengan sihir-sihirnya yang dapat menipu umat manusia.

Nabi palsu mengajak orang lain untuk menyembah allah lain. Dalam Ulangan 13:1-3 dituliskan, bahwa jika ada seorang nabi yang memberitahukan tanda atau mujizat, yang kemudian membujuk orang lain untuk mengikuti allah lain, dan bukan Allah Tritunggal, maka janganlah mendengarkan perkataan nabi tersebut, sebab jelaslah bahwa ia adalah nabi palsu.

Nabi palsu menyangkal dan tidak mengakui Tuhan Yesus. Dalam 1 Yohanes 4:1-3 dikatakan “Saudara-saudaraku yang terkasih janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia”. Nabi-nabi palsu tidak mengakui Tuhan Yesus, tetapi mereka akan menyangkalnya.

Perkataan nabi palsu tidak berasal dari Allah. Dalam Ulangan 18:20 menjelaskan bahwa nabi palsu akan dengan lancang menyampaikan sesuatu dengan nama Allah, padahal Allah tidak memerintahkannya. Atau bahkan nabi palsu itu secara langsung mengaku berbicara atas nama allah-allah lain. 

Jadi dari buah hidupnya kita dapat mengenali nabi-nabi palsu, apakah berasal dari Allah atau dari iblis jahat. Yang berasal dari Allah akan menghasilkan buah-buah roh, sebaliknya jika tidak berasal dari Allah akan membuat kita tersesat, dan semakin menjauh dari Allah.

 

 

Kamu diberkati dengan konten-konten kami? Mari dukung kami untuk terus memberkati lebih banyak orang melalui konten-konten terbaik di website ini.

Yuk bergabung jadi mitra Jawaban.com hari ini.

 

DAFTAR

 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami