Ini Alasan Kenapa ‘Kejujuran' Karakter Paling Dibutuhkan Dalam Pernikahan
Sumber: Marriage Missions

Marriage / 25 September 2021

Kalangan Sendiri

Ini Alasan Kenapa ‘Kejujuran' Karakter Paling Dibutuhkan Dalam Pernikahan

Lori Official Writer
9433

Kamu pasti setuju kalau sikap tidak jujur adalah hal yang paling menyakitkan dan menghancurkan hidup orang lain.

Berbohong adalah salah satu bentuk ketidakjujuran dalam pernikahan. Tentu saja sikap ini gak asing dalam kehidupan suami istri. Jenis kebohongan inipun berbeda-beda. Ada yang berbohong tentang uang, berbohong untuk menutupi perselingkuhan, berbohong untuk melindungi diri dan anak, berbohong untuk menjaga nama baik dan sebagainya.

Apakah berbohong sah-sah saja dalam pernikahan?

Tentu saja tidak. Seorang suami yang tidak jujur kepada pasangannya hanyalah menunjukkan kalau da mencona untuk berbohong kepada satu-satunya orang yang paling memegang kepercayaannya. Kehilangan kepercayaan dari pasangan adalah akhir dari sebuah pernikahan.

Ada beberapa alasan kenapa kejujuran itu benar-benar gak bisa dinegosiasi dalam pernikahan.

1. Membohongi pasangan hanya akan mengikatmu kepada kebohongan-kebohongan lain.

Misalnya untuk pertama kali kamu mencoba berbohong soal uang dari suamimu. Uang yang harusnya kamu pakai untuk biaya kebutuhan sehari-hari justru dihabiskan untuk shopping. Lalu dengan beragam ide kamu mencoba mengakali suamimu. Mungkin untuk kali pertama, dia akan percaya dengan alasanmu.

Merasa berhasil, kamu mulai tertarik melakukan kebohongan kedua. Saat kamu merasa lolos dari kebohongan itu, kamu akan terus menerus melakukannya. Sampai pada titik, kamu kehabisan uang sementara tagihan-tagihan rumah tangga menunggak.

Kamu lalu mencari cara untuk mengatasinya. Sampai pada akhirnya kebohongan itu terbongkar dengan sendirinya.

Kamu bukan hanya harus mempertanggungjawabkan tagihan menunggak yang tidak kamu bayar-bayar demi kesenanganmu. Tapi kebohonganmu juga akan melukai hati pasanganmu.

 

Baca Juga: Kejujuran Kunci Keselamatan

 

2. Kebohongan hanya akan menghancurkan kepercayaan pasangan.

Setelah pasangan tahu soal kebohongan-kebohonganmu, bayangkan apa yang terjadi? Dia akan mulai sulit untuk mempercayai kata-katamu. Bahkan jika dia memaafkan kebohonganmu, dia tetap akan mulai berhati-hati dengan semua tindakan dan perkataanmu.

Kalau kamu gak mau menghancurkan pernikahanmu, bertobatlah dan jangan sekalipun mengulangi kesalahan yang sama.

3. Berbohong hanya akan memberikan contoh yang buruk kepada anak-anak.

Sebagai seorang ibu, kamu mungkin berpikir kalau anak-anakmu gak menyadari apa yang sedang kamu lakukan. Sayangnya kamu salah!

Mereka sadar dengan apa yang dilakukan oleh orangtuanya. Ada dua kemungkinan yang akan dilakukan oleh anak. Pertama, mereka tidak akan pernah menghargaimu sebagai orangtua. Kedua, mereka memilih untuk menyampaikan kebenaran kepada pasanganmu.

Jangan hancurkan hubunganmu dengan anak dan pasanganmu hanya karena mengikuti kesenanganmu sendiri.

 

Baca Juga: Harga Sebuah Kejujuran

 

4. Ketidakjujuran hanya akan merusak tujuan keluarga.

Di awal pernikahan kamu dan pasangan mungkin sudah menentukan tujuan apa yang akan kalian raih dalam pernikahan kalian.

Sayangnya, tujuan baik itu bisa rusak ketika salah satu pihak mulai menghianati kepercayaan pasangannya. Misalnya, dengan diam-diam suami menghambur-hamburkan uang untuk judi dan selingkuh. Atau istri yang sembunyi-sembunyi ikut undian-undian berisiko.

Ingatlah bahwa tindakan ini hanya akan menghancurkan kondisi keuangan keluargamu perlahan-lahan. Hingga pada akhirnya harta benda yang tersisa pun akan direlakan demi melunasi hutang, dan semua anak terancam gak mendapatkan pendidikan yang pantas.

Hanya mengikuti keinginan sendiri dan tidak saling menjaga kepercayaan masing-masing hanya akan mempersulit hubungan suami istri. Kepercayaan adalah kunci pernikahan yang bahagia, dan sekali kepercayaan itu dinodai maka kita gak bakal bisa mengembalikannya.

 

Kamu diberkati dengan konten-konten kami? Mari dukung kami untuk terus memberkati lebih banyak orang melalui konten-konten terbaik di website ini.

Yuk bergabung jadi mitra Jawaban.com hari ini.

 

 

DAFTAR

Sumber : Imom.com | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami