Kamu Harus Tahu 5 Tanda Toxic Relationship Ini Bisa Menghancurkan Dirimu
Sumber: canva

Relationship / 23 February 2022

Kalangan Sendiri

Kamu Harus Tahu 5 Tanda Toxic Relationship Ini Bisa Menghancurkan Dirimu

Claudia Jessica Official Writer
4188

3. Seperti berjalan di atas kulit telur

Sangat sulit untuk berada bersama orang yang sulit ditebak. Suatu waktu mereka ramah, di waktu berikutnya mereka marah. Suatu waktu mereka menyukai Anda, di waktu lainnya mereka seperti membenci Anda.

Tidak bisa memprediksi bagaimana orang ini akan bereaksi saat Anda berinteraksi dengan mereka itu sangat melelahkan. Sederhananya, Anda seperti berjalan di atas kulit telur di sekitar orang lain. Anda melakukan yang terbaik untuk tidak mengecewakan mereka, dan hal itu membuat Anda cenderung tidak ingin berada di sekitar mereka.

Tak hanya itu, berada di sekitar orang seperti ini juga membuatmu sulit untuk menjadi diri sendiri. Anda merasa berada di dekatnya bukanlah tempat yang aman. Hal ini membuat stres dan suatu saat hal ini bisa menjadi pemicu kecemasan. Kebutuhan Anda menjadi kurang penting, karena Anda selalu tunduk pada kebutuhan mereka dalam hubungan.

 

BACA JUGA: Biar Hubungan Sama Anak Harmonis, Jangan Toxic Seperti Ini Ya!

 

4. Berlagak sebagai korban

Salah satu kunci kesehatan adalah kemampuan menyadari ketika Anda membuat kesalahan dan mengakui kesalahan Anda ketika Anda melakukannya. Tak ada satupun orang yang sempurna. Setiap orang pasti pernah menyakiti orang lain. Dalam hubungan apapun, kita harus berani mengaku dan meminta maaf jika melakukan kesalahan. Kita harus bersedia mengakui kesalahan kita sekalipun yang dilakukan itu tidak disengaja.

Orang yang toxic tidak bisa melihat bahwa mereka bersalah. Mereka merasa bahwa mereka adalah korban dalam situasi apapun. Bahkan ketika Anda dan orang lain jelas melihatnya melakukan kesalahan, mereka tidak akan merasakannya. Dan sebaliknya, mereka akan berasumsi mentalitas korban, dan memutarbalikkan situasi sehingga entah bagaimana mereka menjadi korban.

Pada akhirnya Anda akan lelah secara mental dan emosional.

 

5. Tidak bisa menghormati batasan

Setiap kita memiliki batasan, dan terkadang kita perlu mengatakan “tidak” untuk memberi tahu batasan yang terbaik untuk kita dan orang yang kita cintai. Seseorang yang toxic mungkin tidak suka ketika Anda menetapkan batasan. Mereka mungkin mencoba untuk membujuk Anda keluar dari apa yang sehat untuk Anda. Mereka tidak mengerti mengapa Anda harus menciptakan batasan.

Ketahuilah bahwa perilaku ini tidak baik. Setiap orang membutuhkan batasan dalam hubungan yang paling dekat sekalipun. Orang yang berulang kali menolak untuk menghormati Anda sangat berbahaya.

Lima tanda hubungan yang beracun ini tidak menjamin jadi pemecah kesepakatan dan tidak berarti hubungan Anda harus berakhir hari ini. Namun karakteristik di atas menunjukkan bahwa Anda perlu membuat beberapa pembatas untuk melindungi kesehatan emosional Anda sendiri.

Mungkin orang yang memiliki hubungan dengan Anda yang menunjukkan kecenderungan beracun ini tidak menyadari bahwa mereka melakukannya, dan mereka membutuhkan Anda untuk menunjukkan dengan penuh kasih area beracun ini dalam hubungan Anda. Gunakan situasi ini untuk memeriksa area kehidupan Anda dimana mungkin Anda sendiri menunjukkan perilaku yang toxic.

 

BACA JUGA: Merasa Gak Nyaman Dengan Temanmu? Mungkin Kamu Alami Toxic Friendship. Kenali Ciri-cirinya

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami