Berhenti Menyalahkan Pasangan, Perbaiki Dirimu Lebih Dulu!
Sumber: cdn-secure.retreat.guru

Marriage / 20 September 2021

Kalangan Sendiri

Berhenti Menyalahkan Pasangan, Perbaiki Dirimu Lebih Dulu!

Lori Official Writer
3509

Msalah sebenarnya dalam pernikahan adalah dirimu sendiri.

Masalah pernikahan memang gak akan pernah habis-habisnya. Entah kamu sudah menikah 5 atau 10 tahun lebih, masalah itu akan tetap muncul. Mungkin kamu sudah mulai merasa gak bahagia, gak cinta lagi sama pasangan atau sudah mulai merasa gak ada kecocokan dengan dia. Saat sejumlah tanda-tanda ini muncul, saat itulah kamu mulai melakukan perlawanan, menuntut ini itu dari pasangan.

Tapi tahukah kamu, kalau sebenarnya semua perasaan-perasaan ini muncul dari dirimu sendiri. Bisa saja karena kamu gak merawat dirimu sendiri dengan baik.

Perasaan gak lagi cinta, muak, marah dan sebagainya bisa muncul karena kamu sendiri membiarkannya tumbuh di dalam dirimu. Gak peduli siapapun pasanganmu, perasaan ini akan terus tumbuh kalau kamu gak merawat dirimu sendiri.

 

Baca Juga: Bukan Sekadar Ucapan Selamat, Tapi 5 Pelajaran Ini Perlu Diajarkan ke Pasangan Muda

 

Karena itulah sebelum mengalami tanda-tanda ini, ada baiknya untuk mulai mengidentifikasi dan mencegahnya menyerang pernikahanmu.

Caranya:

1. Abaikan perasaan negatif itu dan fokuslah pada pikiran bukan tubuhmu

2. Periksa dirimu sendiri

3. Carilah kesibukan yang berfaedah untuk mengusir setiap perasaan dan pikiran negatif tersebut, misalnya olahraga atau kegiatan seni

4. Sampaikan apa yang sedang kamu alami secara langsung ke pasangan. Sehingga sesuatu yang mengganjal di hatimu bisa teratasi dengan cara yang benar.

Ingatlah bahwa saat kamu mulai membenci pasanganmu dan gak lagi punya perasaan cinta sedikit pun ke dia, berarti kamu sedang menunjukkan kalau kamu tidak mencintai dirimu sendiri. Kenapa? Karena sebagai pasangan yang sudah dipersatukan kalian sudah jadi satu tubuh. Yang artinya adalah separuh dari dirimu adalah bagian dari suamimu demikian sebaliknya.

Waktu kamu sedang memandang pasanganmu dengan perasaan hampa tanpa cinta, itu artinya kamu juga sedang memandang dirimu tanpa cinta. Satu-satunya cara untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan mencari tahu cara untuk mencintai dirimu sendiri dan membaginya kepada pasangan.

 

Baca Juga: Haruskah Meminta Maaf Pada Pasangan Walaupun Merasa Tidak Bersalah?

 

Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan rasa hormat, cinta dan penghargaan kepada pasangan.

Pertama, bersabar sama diri sendiri

Emosi bisa membuat kita kecewa, marah dan kehilangan hormat kepada pasangan. Akibatnya, emosi ini perlahan mencuri kadar cintamu terhadapnya.

Jangan biarkan emosi yang tak tertahan mencuri sukacita dan cintamu. Sebaliknya, hadapilah dengan kesabaran. Gak mudah sih. Tapi kamu pasti bisa!

 

Kedua, selesaikan masalah dengan cara yang lembut

Alih-alih emosi dan merusak hubungan, akan lebih baik memilih untuk menyelesaikan masalah secara langsung dan dengan lembut. Misalnya, pasangan mulai mengulangi kebiasaan buruknya setiap hari, pulang larut malam atau selalu sibuk dengan hobi memancingnya. Sampaikanlah secara langsung bahwa kamu sedikit terganggu dengan kebiasaan itu. Kalau dia masih mengulanginya, sampaikanlah terus menerus sampai dia berhenti melakukannya.

 

Ketiga, fokuslah pada solusi, bukan pada masalah

Ada banyak suami dan istri yang curhat soal rasa muak mereka kepada pasangan. Mereka mulai benci dan kehilangan kesabarannya. Tahukah kamu bahwa saat kamu mulai mengungkapkan masalah pernikahanmu kepada orang lain, kamu sedang membesar-besarkan masalah.

Adalah bijak untuk mengambil waktu diam sendiri dan mulai bertanya kepada dirimu sendiri apa yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah pernikahanmu. Fokus pada solusi akan membuatmu lebih tenang dan tetap memandang pasangan dengan belas kasihan.

 

Baca Juga: Terbersit Kata ‘Benci’ ke Pasangan? Tenangkan Diri dan Cobalah Lakukan 4 Hal Ini…

 

Jadi, apakah kamu saat ini sedang bergumul menghadapi perasaan-perasaan negatif yang bilang kalau kamu sudah muak, benci, marah dan bosan dengan pasanganmu? Perangi perasaan-perasaan itu dengan memperbaiki dirimu lebih dulu.

 

Apakah kamu butuh dukungan doa? Hubungi SAHABAT 24 kami melalui kontak Whatsapp 0822 1500 2424 atau klik link doa ini: https://bit.ly/ButuhDukunganDoa

 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami