10 Ayat Alkitab Ini Menolong Anda Pulih Dari Rasa Kecewa
Sumber: news.americanbible.org

Kata Alkitab / 17 September 2021

Kalangan Sendiri

10 Ayat Alkitab Ini Menolong Anda Pulih Dari Rasa Kecewa

Lori Official Writer
19911

Hidup bisa benar-benar terasa sulit ketika harapan kita tidak sesuai dengan realita yang terjadi.

Rencana akan pernikahan, sekolah, pekerjaan, rumah, anak dan yang lainnya dalam hidup kita kadang harus menuai kecewa karena tidak sesuai dengan ekspektasi kita. Pada akhirnya, kita jadi kehilangan semangat untuk terus maju, menjadi putus asa dan hidup dalam rasa kecewa. 

Tapi tahukah Anda kalau kadang hal ini digunakan oleh si iblis untuk menghentikan langkah kita sampai kepada tujuan Tuhan. Dia membuat kita putus asa dan kehilangan harapan. 

Jangan biarkan hidup Anda dipenuhi dengan rasa kecewa ini. Sebaliknya, atasilah dengan lebih banyak mencari pemulihan dari Tuhan melalui firman-Nya.

Mulailah dengan membaca 10 ayat Alkitab ini:

Mazmur 42: 11

Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku, dan mengapa engkau gelisah di dalam diriku? Berharaplah kepada Allah! Sebab aku bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan Allahku!

Ayat ini mengingatkan supaya kita mengarahkan hati kita kepada Tuhan. Karena hanya Tuhan saja yang sanggup memulihkan sebesar apapun rasa kecewa kita.

Mazmur 91: 1-3

Orang yang duduk dalam lindungan Yang Mahatinggi dan bermalam dalam naungan Yang Mahakuasa akan berkata kepada TUHAN: "Tempat perlindunganku dan kubu pertahananku, Allahku, yang kupercayai." Sungguh, Dialah yang akan melepaskan engkau dari jerat penangkap burung, dari penyakit sampar yang busuk.”

Kekecewaan seringkali membuat kita lemah dan tak lagi bersemangat untuk berjalan maju. Ayat Mazmur ini memberi tahu kita kepada siapa kita perlu mencari perlindungan. Tuhan adalah tempat perlindungan yang aman. Bahwa Dia adalah batu karang dan benteng yang bisa kita andalkan.

 

Baca Juga: Daripada Kepahitan Karena Dikecewakan Sesama Orang Kristen, Lebih Baik Lakukan 9 Hal Ini…

 

Yeremia 29: 11

Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Kita bisa kecewa karena rencana kita tidak terjadi seperti yang kita bayangkan. Kita punya harapan akan pekerjaan baru, rumah baru atau pasangan kita dan ketika semuanya tidak sesuai, kita menjadi putus asa dan meragukan rencana Tuhan. 

Kebenarannya adalah rencana Tuhan jauh lebih baik dari rencana kita, meskipun saat ini kita belum menerimanya. Percayalah, ketika Anda sabar, bertekun dan tetap percaya, Tuhan akan memenuhi janjiNya atas hidup Anda.

Matius 28: 20

…dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.

Yesus mengingatkan kita bahwa Dia selalu bersama kita. Ayat ini akan sangat membantu Anda menghadapi masa-masa putus asa hidup Anda. Dan percaya bahwa Tuhan selalu ada di setiap kesulitan yang Anda hadapi.

Roma 8: 28

Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Tuhan punya rencana dan tujuan yang spesifik atas hidup kita. Dia sangat mengasihi kita dan kita berharga di mata-Nya. Jadi tetaplah setia melakukan pekerjaan yang Tuhan percayakan atas hidup Anda.

Filipi 4: 6-7

Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.

Rasa kecewa hanya akan membuat kita menjadi kuatir dan cemas. Dalam keadaan ini, berdoalah dan meminta pertolongan kepada Tuhan. Dia mau kita mencari sumber penyelesaian masalah yang tepat dan Dia akan memberikan ketenangan yang sejati untuk Anda. 

Kolose 3: 23-25

Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. Kamu tahu, bahwa dari Tuhanlah kamu akan menerima bagian yang ditentukan bagimu sebagai upah. Kristus adalah tuan dan kamu hamba-Nya. Barangsiapa berbuat kesalahan, ia akan menanggung kesalahannya itu, karena Tuhan tidak memandang orang.

Kadang kita sudah memberikan seluruh tenaga untuk pekerjaan atau sesuatu yang diminta untuk kita kerjakan, tetapi tetap tidak dihargai. Hal ini akhirnya membuat Anda kecewa dan marah. 

Keadaan ini seringkali terjadi di tempat kerja maupun pelayanan. 

Tapi Tuhan menyuruh kita untuk bekerja dengan tulus dan memandang kepada Dia. Percayalah ketika Anda mengerjakannya bukan untuk mendapatkan pujian atau penghargaan dari manusia, Anda akan imbalan dari Tuhan.

 

Baca Juga: Sering Dikecewain, Anak Muda Ogah Menikah. Bantulah Mereka Bangkit Dengan 3 Kiat Ini!

 

Ibrani 4: 14-16

Karena kita sekarang mempunyai Imam Besar Agung, yang telah melintasi semua langit, yaitu Yesus, Anak Allah, baiklah kita teguh berpegang pada pengakuan iman kita. Sebab Imam Besar yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya sama dengan kita, Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa. Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya.

Yesus adalah Imam Besar kita yang juga turut merasakan setiap perasaan yang kita alami, termasuk rasa kecewa. 

Dia mengundang kita untuk datang membawa semua perasaan itu dan menyerahkan seluruh-Nya di bawah kaki-Nya. Karena di dalam Dia semuanya mampu diselesaikan dengan tuntas.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Yakobus 5: 16

Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.

Doa adalah senjata yang ampuh mengalahkan setiap pikiran dan perasaan negatif, termasuk rasa kecewa. 

Kata lainnya bahwa doa adalah kekuatan kita untuk mengalami kemenangan. 

1 Yohanes 5: 13-14

Semuanya itu kutuliskan kepada kamu, supaya kamu yang percaya kepada nama Anak Allah, tahu, bahwa kamu memiliki hidup yang kekal. Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya.

Yohanes mengingatkan kita bahwa Tuhan mendengar doa kita. Dengan kata lain, Tuhan tidak mengabaikan kita. Dia melihat apa yang Anda alami. Dia mendengar doa-doa Anda. Dia mau kita meminta supaya Dia memberikan terobosan atas hidup kita. Kuasa Tuhan itu tidak terbatas dan Dia mampu memulihkan hidup Anda.

Jika saat ini Anda sedang menghadapi rasa kecewa karena sesuatu. Ambil waktu Anda untuk mencari wajah Tuhan. Berdiamlah dan renungkan firman di atas satu per satu. Lalu berbicaralah kepada Tuhan secara terbuka dan jujur. Luapkan semua rasa kecewa dan putus asa Anda dan biarkan Roh Kudus menjamah hati Anda. 

Kiranya damai sejahtera, sukacita dan kemenangan yang sejati mengalir atas hati, pikiran dan jiwa Anda.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami