Lakukan 5 Cara Ini Dukung Orang Lain Bertumbuh Dalam Imannya, Mereka Memerlukanmu!
Sumber: canva.com

Kata Alkitab / 13 September 2021

Kalangan Sendiri

Lakukan 5 Cara Ini Dukung Orang Lain Bertumbuh Dalam Imannya, Mereka Memerlukanmu!

Lori Official Writer
4214

Kalau kamu merasa pertumbuhan iman itu penting, kamu juga menginginkan teman-teman atau orang lain berpikiran hal yang sama. Akan ada rasa senang saat menyaksikan teman-teman lain bertumbuh kuat dalam imannya bukan?

Sayangnya, kita dipanggil bukan hanya sekadar menyaksikan pertumbuhan orang lain. Kita juga harus jadi bagian dari pertumbuhan iman mereka.

Jadi lakukanlah 5 cara ini untuk mendukung teman atau orang lain bertumbuh secara iman.

1. Bagikan Firman Tuhan

Alkitab bisa membantu teman-teman kita untuk lebih kuat dalam imannya.

Bahkan waktu kamu bingung harus menyampaikan apa, kamu bisa memakai ayat Alkitab untuk menguatkan mereka. Gak perlu harus mengandalkan kata-kata atau opini sendiri. Tapi biarkan firman Tuhan yang berbicara langsung ke dalam hatinya.

 

2. Dukung Dengan Doa

Entah mengajaknya berdoa atau mendoakannya secara pribadi akan jadi satu langkah spiritual yang menunjukkan kepedulianmu kepada orang lain.

Doa adalah cara terbaik untuk memperkuat iman kita secara pribadi dan juga orang lain.

Kalau kamu gak yakin cara mendoakan orang lain dengan sederhana, kamu bisa berdoa dengan mengutip beberapa ayat Alkitab. Ada banyak ayat Alkitab yang bisa kita perkatakan kepada orang lain, sehingga mereka merasa dikuatkan, diteguhkan dan diberkati.

 

Baca Juga: Kenapa Orang Kristen Lebih Bertumbuh Dalam Komunitas Rohani?

 

3. Lakukan Kegiatan Outdoor

Ada banyak orang yang merasa lebih dekat dengan Tuhan waktu sedang berada di alam, seperti mendaki gunung atau pergi berpetualang. Ajaklah teman-temanmu dalam kegiatan outdoor dan habiskan waktu bersama mereka dengan menghubungkan pengalaman tersebut secara spiritual. Entah itu memuji Tuhan karena keindahan alam yang kalian nikmati maupun dengan menceritakan tentang karya penciptaan Tuhan yang sempurna.

Bangunlah percakapan yang berkaitan dengan kehidupan dan juga Tuhan secara pribadi bersama mereka.

 

4. Tuliskan Kartu atau Surat

Mengirimkan kartu atau menulis surat mungkin dianggap sudah kuno. Tapi, percayalah hal kuno ini masih sangat berkesan.

Gerejaku bahkan melakukan hal ini kepada semua jemaatnya. Dalam beberapa kesempatan, para pemimpin mengirimkan surat yang berisikan tentang bagaimana mereka sangat mengasihi semua jemaatnya.

Jadi, gak ada salahnya mengirimkan kartu atau surat kepada teman seiman sebagai tanda kasihmu di dalam Tuhan. Hal ini akan sangat menguatkan imannya dan menyadari bahwa kasih mula-mula itu masih tetap ada sampai hari ini.

 

Baca Juga: 7 Games Seru Ini Bisa Dimainin di Zoom Bareng Komunitas Gerejamu Loh!

 

5. Ajak Mereka Beribadah Bersama

Kalau kamu tinggal dekat dengan mereka, ajaklah mereka beribadah. Tidak dengan memaksa tapi yakinkan kalau Tuhan sedang menunggu mereka untuk hadir dalam ibadah tersebut.

Mendukung seseorang bertumbuh dalam iman perlu dilakukan dengan kasih yang murni dan tulus. Jangan mengharapkan imbalan atau memiliki motivasi apa-apa, selain ikut bersukacita menyaksikan mereka yang bertumbuh dalam iman.

"Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik. Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat ".  – Ibrani 10: 24-25

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami