#FaktaAlkitab: Afghanistan Keturunan Dari Sepuluh Suku Israel yang Terhilang?
Sumber: Jawaban.com

Fakta Alkitab / 12 October 2023

Kalangan Sendiri

#FaktaAlkitab: Afghanistan Keturunan Dari Sepuluh Suku Israel yang Terhilang?

Lori Official Writer
8782

10 Suku Israel yang Hilang

Komentator alkitabiah awal menganggap Khorasan sebagai lokasi Sepuluh Suku yang Hilang. Saat ini, beberapa suku Afghanistan termasuk Durrani, Yussafzai, Afridi dan Pashtun percaya bahwa mereka adalah keturunan Raja Saul. 

Mereka menyebut diri mereka Bani-Israel, seperti bahasa Ibrani, B'nai Israel, yang berarti anak-anak Israel. Bahkan beberapa cendekiawan dan penulis di luar Yahudi pun menerima hal ini. 

Pashtun, salah satu kelompok etnis di Afghanistan juga percaya bahwa mereka adalah keturunan dari Sepuluh Suku Israel yang Hilang, yang kemudian memeluk kepercayaan lain. Lusinan nama dan adat Pashtun terdengar Yahudi, dari nama suku Pashtun Asheri dan Naftali hingga adat Pashtun tentang chuppah pernikahan dan penyunatan anak laki-laki pada hari kedelapan setelah kelahiran. Pashtun mengklaim bahwa kota Kabul adalah singkatan dari "Cain and Abel" dan Afghanistan berasal dari "Afghana," cucu Raja Saul dari suku Benyamin. 

Laporan lain menceritakan tentang orang-orang Yahudi Persia yang menolak Islam dan melarikan diri dari penaklukan Muslim pada abad ke-7 dan 8 dan menetap di wilayah Afghanistan. 

Pada tahun 1080, Musa bin Ezra menyebutkan lebih dari 40.000 orang Yahudi membayar upeti di Ghazni, sebuah kota besar di Sungai Gozan.

 

Baca Juga: #FaktaAlkitab: Nyaris Punah! Kaum Yahudi Selamat dari Pembunuhan Massal Karena Tokoh Ini

 

Sumber-sumber abad pertengahan menyebutkan beberapa pusat Yahudi di Afghanistan, di mana Balkh adalah yang paling penting. Sebuah komunitas Yahudi di Ghazni tercatat dalam sumber-sumber Muslim, yang menunjukkan bahwa orang-orang Yahudi tinggal di sana pada abad kesepuluh dan kesebelas. 

Tablet batu dengan prasasti Ibrani yang berasal dari tahun 1115 hingga 1215 mengkonfirmasi keberadaan komunitas Yahudi di Firoz Koh, yang terletak di antara Herat dan Kabul. Namun, invasi Mongol tahun 1222 menghancurkan Afghanistan, dan komunitas Yahudinya. 

Sedikit yang diketahui tentang komunitas Yahudi kecil dan terisolasi di Afghanistan yang bertahan hingga abad ke-19. Pada tahun 1839, ribuan orang Yahudi kembali melarikan diri dari Persia, di mana otoritas Muslim mulai secara paksa mengubah mereka, menjadikan populasi Yahudi Afghanistan hingga 40.000. Mereka menetap di Herat, dan sebagian besar adalah pedagang dan pencelup yang berurusan dengan kulit, karpet, dan barang antik. Herat menjadi pusat populasi Yahudi di Afghanistan selama abad ke-19 dan awal abad ke-20, tetapi aktivitas dan partisipasi berkurang dan saat ini tidak ada kehidupan Yahudi yang terorganisir di sana. 

Menurut Omar Sadr, Raja Persia Nadir Afshar mendorong orang-orang Yahudi untuk menetap di wilayah tersebut pada tahun 1736 dengan alasan bahwa orang-orang Yahudi memiliki hubungan yang baik dalam jalur perdagangan di anak benua antara Asia Tengah, dan Arab.” 

Penurunan populasi Yahudi terjadi pada tahun 1870 setelah otoritas keagamaan di sana memberlakukan tindakan anti-Yahudi, yang memicu eksodus massal orang Yahudi ke Asia Tengah, Persia dan Palestina. Pembunuhan Raja Nadir Shah tahun 1933 memicu kampanye anti-Yahudi lainnya. Orang-orang Yahudi diusir dari sebagian besar kota Afghanistan, membatasi mereka di Kabul, Balkh atau Herat. Selain itu, orang Yahudi dilarang meninggalkan kota tanpa izin dan dipaksa membayar pajak khusus. 

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami