Wajar Gak Istri Periksa Ponsel Pasangan? Ini Jawabannya…

Wajar Gak Istri Periksa Ponsel Pasangan? Ini Jawabannya…

Lori Official Writer
1102

Pernikahan adalah sebuah tim. Saat seorang istri berkata ‘Saya bersedia’, dia setuju untuk menjalani komitmen dengan pasangannya dalam berbagai keadaan; baik, buruk, susah dan senang. 

Mungkin sebagian dari Anda yang baru menikah ataupun yang sudah menikah selama bertahun-tahun masih terus bertanya-tanya: Apa sih yang Tuhan kehendaki melalui pernikahan?

Mari belajar dari satu hal sederhana tentang diikat menjadi satu. Di kehidupan pernikahan sehari-hari, misalnya untuk membeli sesuatu seorang suami atau istri harus lebih dulu bertanya kepada pasangannya. Atau untuk memutuskan sekolah untuk anak, suami istri perlu berembuk dan memilih sekolah terbaik yang mereka sepakati bersama.

Dalam kehidupan pernikahan sehari-hari, pilihan sekecil atau sesederhana apapun yang ingin diambil oleh istri harus selalu mendapat persetujuan dari suami. Demikian sebaliknya.

Dari perspektif Alkitab, pernikahan berarti bahwa hidup seorang suami atau istri menjadi sepenuhnya terbuka kepada pasangannya. Tidak ada rahasia sama sekali. Pernikahan harus dibangun di atas kepercayaan dan kepercayaan ini dihasilkan dari keterbukaan. 

 

Apakah Istri Bisa Mengakses Ponsel Suami?

Berdasarkan penjelasan di atas, Anda tentu saja sudah bisa menyimpulkan atau menjawab pertanyaan yang diberi judul dalam artikel ini.

Wajarkah istri memeriksa ponsel pasangannya? Di masa sekarang ini, hampir semuaa aktivitas sepanjang hari dilakukan lewat ponsel. Percakapan bisnis, pekerjaan, pertemanan, sosial media, belanja online dan bahkan mudahnya mengakses berbagai hal-hal yang berbau pornografi dan kebiasaan buruk lainnya.

Perselingkuhan adalah salah satu hal yang paling rentan terjadi dalam pernikahan. Ponsel menjadi satu alat yang paling mudah dijadikan akses untuk melacak setiap aktivitas pasangan. 

 

Baca Juga: Periksa Ponsel Pasangan, Pantaskah?

 

Kepercayaan dalam pernikahan dibutuhkan supaya suami dan istri sama-sama bertanggung jawab atas tindakannya baik di dunia nyata maupun dunia maya yang bisa diakses melalui ponsel. Itu sebabnya penting untuk saling mengingatkan dan melindungi, terutama tentang bagaimana dan apa saja yang bisa dilakukan pasangan dengan ponselnya.

Ada 3 alasan kenapa memeriksa ponsel suami jadi hal yang wajar dilakukan oleh istri.

1. Keterbukaan Adalah Fondasi Kepercayaan Dalam Pernikahan

Selama suami istri memiliki kesepakatan untuk saling terbuka dan percaya, maka menjadi wajar bagi istri untuk memeriksa ponsel pasangan. Demikian sebaliknya, suami terhadap istri.

Menurut para ahli, keterbukaan yang sehat dalam pernikahan artinya bahwa masing-masing pasangan merasa sepenuhnya nyaman atau jujur dan terbuka terhadap yang lain. Sehingga masalah yang mereka hadapi bisa diselesaikan secara langsung.

Dengan keterbukaan, pernikahan tidak memiliki tempat bagi kebohongan maupun rahasia.

“Karena itu buanglah dusta dan berkatalah benar seorang kepada yang lain, karena kita adalah sesama anggota." (Efesus 4: 25)

Hal ini tidak berarti bahwa Anda perlu memeriksa semua aplikasi yang ada di dalam ponsel pasangan setiap malam atau setiap hari.

Saat suami menghargai komitmen maupun kepercayaan istrinya, tentu saja dia tidak akan keberatan jika sang istri memeriksa pesan Instagramnya. Selama suami tidak melakukan hal yang buruk, semisal berselingkuh dengan wanita lain, maka dia tidak akan berusaha mengelak atau menolak sang istri untuk memeriksa apapun aktivitas yang dia lakukan di dalam ponselnya. 

 

Baca Juga: Bukan Bertengkar, 3 Tips Ini Bantu Satukan Perbedaan Dengan Pasangan

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Crosswalk.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami