#FaktaAlkitab: Silo, Kota Bersejarah Tempat Berdirinya Tabernakel
Sumber: jawaban.com

Fakta Alkitab / 6 September 2021

Kalangan Sendiri

#FaktaAlkitab: Silo, Kota Bersejarah Tempat Berdirinya Tabernakel

Claudia Jessica Official Writer
6837

Alkitab mencatat, banyak hal bersejarah yang terjadi di Silo (Shiloh). Salah satunya adalah sejarah bagimana Tabernakel atau Kemah Pertemuan.

Silo disebutkan pertama kali dalam alkitab pada Kitab Yosua dan Kitab Hakim-hakim. Kota ini terletak di sebelah utara Betel, sebelah timur jalan raya Betel ke Sikhem, dan di sebelah selatan Lebona, di pegunungan Efrain.

Pada masa awal, Silo merupakan ibukota keagamaan Israel selama 300 tahun, sebelum akhirnya berpindah ke Yerusalem. Silo disebutkan sebagai tempat berkumpulnya orang Israel setelah mereka menaklukkan tanah Kanaan dan berpindah dari Gilgal.

Peristiwa apa saja yang pernah terjadi di Silo?

Di Silo terdapat Kemah Pertemuan atau Tabernakel pada awal penaklukan tanah Kanaan, dan itulah tempat Kudus utama bagi orang Israel selama zaman hakim-hakim. Silo menjadi tempat perkemahan seluruh bangsa Israel untuk terakhir kalinya selama perjalanan di padang gurun. Silo menjadi suatu pusat keagamaan suku-suku pada abad ke-12 SM. Di tempat inilah Yosua membagi milik pusaka sejumlah suku-suku Israel, termasuk kota-kota orang Lewi dengan undian.

Hal ini menunjukkan bahwa Allah yang menetapkan pembagian tanah untuk tiap suku. Dari situlah daerah-daerah yang belum diduduki dibagikan kepada para suku Israel. Selain itu, ditentukan pula kota perlindungan dan kota-kota para imam.

Kemah Pertemuan di Silo

Kemah Pertemuan berada di Silo selamat 369 tahun sampai Tabut Perjanjian dibawa pergi ke medan pertempuran di Eben Ezer dan dirampas oleh orang Filistin di Afek. Selama 369 tahun itu pula orang Israel beribadah di Silo, sampai Silo dihancurkan.

Tempat Tinggal Tabut Allah

Di Silo, Bangsa Israel juga mengambil keputusan-keputusan untuk melawan suku-suku di sebelah timur sungai Yordan. Di dalam naskah-naskah tertua, disebutkan bahwa Silo menjadi tempat tinggal Tabut Allah, di dalam penjagaan keluarga Imam Eli.

Silo adalah tempat suci dan mempunyai imam-imam. Eli dan putra-putranya melayani di sana sampai pada Tabut Perjanjian direbut orang filistin.

Pada satu waktu ketika masih di Silo, kemah pertemuan yang dapat dipindah-pindah itu tampaknya ditutupi dalam satu kompleks atau digantikan dengan bangunan yang mempunyai pintu. Silo menjadi pusat ibadah Israel, dimana umat berkumpul pada hari-hari raya sebagaimana diwajibkan dalam Kitab Taurat.

Pada zaman hakim-hakim, ibadah di Silo mendapat saingan tempat ibadah di Suku Dan, di utara yang berisi patung-patung sembahan Mikha, yang dirampas oleh Suku Dan.

Perayaan di Silo juga menjadi ajang bagi 200 laki-laki suku Benjamin untuk mendapatkan istri di antara para gadis perawan suku-suku lain, setelah suku Benyamin hampir punah akibat pertempuran Gibea.  Samuel dibesarkan oleh Imam Eli di Silo, tempat dimana Tuhan mendatangi Samuel dan berfirman kepadanya ketika ia masih muda.

Tabut Perjanjian dibawa ke Medan Perang

Ketika Israel berperang dengan orang Filistin dan terdesak, mereka membawa tabut perjanjian keluar dari kemah pertemuan di Silo ke medan pertempuran.  Tetapi orang Filistin mengalahkan mereka di Afek, membunuh kedua putra Imam Eli, dan merampas Tabut Perjanjian serta membawanya ke wilayah Filistin.

 

BACA JUGA: #FaktaAlkitab : Ada Apa dan Seperti Apa Tabernakel dan Bait Suci Kaum Israel?

Saat mendengar kabar itu dari salah seorang pembawa berita, imam Elu jatuh dan meninggal. Rupanya satu pasukan filistin terus maju menyerang Silo menghancurkan tempat kudus tersebut (bandingkan dengan Yeremia 7:12 dan 24, Yeremia 26:6 dan 9). Namun Kemah Pertemuan tampaknya sudah dipindahkan sebelum orang filistin datang, dan dibawa ke Gibeon sampai zaman Raja Daud.

 

Baca halaman selanjutnya -->

Sumber : jawaban channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami