5 Hobi Ini Bisa Menghasilkan Uang Lho, Adakah Hobi Kamu di Sini?
Sumber: canva.com

Finance / 27 July 2022

Kalangan Sendiri

5 Hobi Ini Bisa Menghasilkan Uang Lho, Adakah Hobi Kamu di Sini?

Claudia Jessica Official Writer
5611

Tapi gimana kalau hobi yang paling kita gemari, bisa menghasilkan uang? Bukankah terdengar menyenangkan? Bukan hanya melakukan hal yang membuat bahagia, kita juga bisa menghasilkan uang. Lumayan untuk menambah-nambah uang jajan atau uang bulanan bukan?

Penasaran hobi apa yang bisa menghasilkan uang? Berikut ini jawaban merangkum beberapa jawaban netizen soal hobi yang dapat menghasilkan uang.

 

1. Menulis

Meski menulis bisa dikategorikan sebagai pekerjaan utama, ada juga beberapa orang yang hobi menulis lho! Dari menulis, ada begitu banyak karya yang bisa dihasilkan. Misalnya seperti menulis cerita. Kita bisa menuliskan semua imajinasi kita kemudian menuangkannya dalam sebuah tulisan yang bisa dibaca oleh orang-orang. Ada begitu banyak platform yang dapat kita gunakan untuk menuliskan cerita untuk menghasilkan uang. Contohnya seperti dari blog, aplikasi yang ditujukan untuk para penulis dengan konten premium, atau bahkan kamu bisa menerbitkan novel juga!

 

2. Fotografi

Meski ada banyak fotografer yang profesional, tak jarang juga banyak orang yang melakukan fotografi sebagai hobi. Lewat fotografi, kamu bisa menghasilkan uang dengan menawarkan jasa kepada orang-orang yang ingin difoto atau memiliki foto yang terlihat bagus.

 

BACA JUGA: Gak Nyangka, 5 Hobi Ini Bisa Bikin Kamu Lebih Sehat Loh!

 

Selain itu, kamu juga bisa menawarkan jasa foto untuk produk-produk tertentu lho! Misalnya ada seorang teman yang hendak membuka toko online, restoran, atau yang lainnya.

 

3. Merajut

Hobi yang satu ini jelas membutuhkan banyak tenaga, ketelatenan, keterampilan, juga bahan-bahan yang tidak sedikit. Bahkan harga pasarannya yang cukup menghabiskan uang. Tapi bukan berarti mustahil kan?

Jika kamu hendak menghasilkan uang dari hobi merajut, maka kamu bisa memulainya dari rajutan kecil yang tidak menghabiskan terlalu banyak benang sehingga bisa menekan biaya produksi. Misalnya kamu bisa membuat case yang dapat digantung untuk tempat hand sanitizer, benda yang wajib kita miliki di masa sekarang ini. Selain itu kamu juga bisa membuat aksesori rambut, case ponsel atau untuk botol minum.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

4. Menggambar

Seseorang yang saya kenal memiliki kemampuan untuk menggambar karikatur wajah. Dia menyadari kemampuannya yang unik tersebut dan menjadikannya sebuah karya. Lewat kemampuannya yang unik ini, ada banyak klien yang puas dengan karyanya.

Jika kamu memiliki hobi dan kemampuan untuk menggambar kamu bisa mencoba menawarkan jasamu! Mungkin kamu bisa menawarkan jasa menggambarmu untuk memberikan kado, pajangan, atau mungkin koleksi pribadi klien.

 

BACA JUGA: Si Kecil Hobi Jajan dan Susah Dilarang? Yuk Tangani Dengan Cara Ini

 

5. Make Up

Make up atau merias wajah bukanlah kemampuan yang mudah. Bahkan sebagian orang tidak bisa merias wajah mereka dengan baik. Jika kamu memiliki hobi dan kemampuan di bidang ini, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan uang dari hobi ini.

Kamu bisa mulai menawarkan jasa rias wajahmu kepada keluarga yang mungkin memiliki acara seperti kondangan, undangan ulang tahun, atau bahkan sekedar meriasnya untuk kegiatan sehari-hari. Jika orang lain menyukai riasan wajah tersebut, ada kemungkinan mereka ingin menggunakan jasamu!

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan sosial media. Kamu bisa membuat akun youtube, tiktok, instagram, atau sosial media lainnya sendiri dan membuat berbagai tips atau teknik dalam merias wajah. Mungkin akan ada sponsor atau iklan yang tertarik pada kontenmu.

Selain menulis, fotografi, merajut, menggambar, merias wajah, masih ada banyak lagi hobi lain yang dapat menghasilkan uang. Kamu bisa melakukan banyak hal kreatif serta memanfaatkan sosial media atau bahkan orang-orang yang kamu kenal untuk memperkenalkan dan memasarkan kemampuan yang kamu miliki. Selamat mencoba!

Sumber : Quora | Jawaban
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami