#FaktaAlkitab: Silo, Kota Bersejarah Tempat Berdirinya Tabernakel
Sumber: jawaban.com

Fakta Alkitab / 6 September 2021

Kalangan Sendiri

#FaktaAlkitab: Silo, Kota Bersejarah Tempat Berdirinya Tabernakel

Claudia Jessica Official Writer
6844

Tabut Perjanjian Dikembalikan

Tidak lama kemudian, Tabut Perjanjian dikembalikan oleh orang Filistin ke Israel, namun disimpan di Kiryat – Yearim sampai Daud membawanya kembali ke Yerusalem dan tabut itu tidak pernah lagi kembali ke Silo.

Ketika Salomo meninggal, 10 suku memisahkan diri dan mendirikan tempat ibadah sendiri.

Pada waktu itu Silo tampaknya digunakan lagi sebagai tempat Kudus dan merupakan rumah nabi Ahia, yang menubuatkan perpecahan kerajaan dan pemisahan 10 suku setelah matinya Salomo.

Walaupun Alkitab tidak pernah secara langsung menyebutkan kemusnahan kota Silo, tapi bukti-bukti arkeologis sangat cocok dengan acuan-acuan tentang Silo sebagai contoh penghukuman Allah atas kefasikan umatnya.

Silo dijabarkan sama dengan desa modern sailun, suatu tumpukan puing di atas sebuah bukit kurang lebih 14 km sebelah utara Betel (Beitin), dan 5 km sebelah utara el-lubban.

BACA JUGA: Fakta Alkitab: Tabut Allah, Simbol Kehadiran Tuhan Di Tengah Bangsa Israel

Bukti Peninggalan Kota Silo dan Lokasinya Saat Ini

Tempat ini digali oleh tim penggali Denmark pada tahun 1926-1929 dan 1932. Hasilnya mengisyaratkan bahwa Silo sudah dihuni pada Zaman Tembaga Tengah 2100-1600 SM, demikian terus hingga dimusnahkan tahun 1050 SM, dan dibiarkan sunyi berabad-abad sampai ditempati kembali pada Zaman Hellenisme.

Lokasi Silo saat ini dipastikan berada di kota Khirbet Seilun, di Tepi Barat, dan 10 mil atau 16 km di pemukiman Israel, yaitu Beit El, di Tepi Barat.

Kota ini ditemukan oleh pakar geologi Amerika Eropa, Edward Robinson pada tahun 1838. Sebelumnya lokasi ini dicatat oleh penulis zaman Romawi Eusebius dan Ishtori Haparchi.

Buat Anda yang tertarik menyaksikan tayangan FAKTA ALKITAB kami, bisa mengunjungi channel kami. Klik DI SINI. 

BACA JUGA: Mengapa Tuhan Menghukum Uza Saat Ia Ingin Menyelamatkan Tabut Allah?

Sumber : jawaban channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami