#FaktaAlkitab: Masa Lalu Suram Tidak Menghalangi Rancangan Tuhan Bagi 4 Tokoh Alkitab Ini

#FaktaAlkitab: Masa Lalu Suram Tidak Menghalangi Rancangan Tuhan Bagi 4 Tokoh Alkitab Ini

Claudia Jessica Official Writer
820

Setiap orang punya masa lalu, beberapa diantaranya kelam, memalukan dan terlalu pahit untuk diingat. Namun Firman Tuhan berkata bahwa ketika kita ada di dalam Kristus, kita adalah ciptaan baru dan masa lalu tidak seharusnya lagi mengikat kita.

Beberapa tokoh Alkitab berikut ini memiliki masa lalu yang suram, yang tidak diduga Tuhan memiliki rancangan indah dan memakai mereka untuk sebuah kebaikan.

 

#1 Rahab, perempuan sundal

Rahab adalah salah satu tokoh penting dalam Alkitab, yang perannya dikisahkan dalam Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, khususnya dalam Yosua 2:1-24. Alkitab menuliskan profesi Rahab sebagai “perempuan sundal” atau “pelacur” yang membuka jalan kemenangan bangsa Israel atas Kanaan.

Rahab tinggal di kota Yerikho, rumahnya berada tepat di tembok Yerikho. Rahab dikenal dengan perannya dalam menyembunyikan mata-mata Israel yang sedang mengintai Kota Yerikho. Ia menerima pengintai Israel di rumahnya dan menyelamatkan mereka dari kejaran tentara raja Yerikho. Sebagai balas jasa, ia kemudian diselamatkan pada waktu kota Yerikho direbut dan dirampok habis.

Di Kanaan, profesi Rahab ini kemungkinan dianggap biasa saja. Rahab mungkin tidak punya pilihan lain. Ia merasa melacur adalah satu-satunya cara untuk menghidupi keluarganya. Selain itu kehidupan Rahab di Kanaan dikelilingi kekerasan dan kebejatan, termasuk inses dan bestialitas.

BACA JUGA: Hampir Lenyap, Tapi Bangsa Israel Berhasil Selamat Berkat Doa Para Tokoh Alkitab Ini

Penyebab utamanya adalah ritual keagamaan bagi baal. Pelacuran adalah bagian dari ibadat di kuil-kuil. Anak-anak dibakar hidup-hidup sebagai persembahan kepada dewa-dewi seperti Baal dan Molekh. (Imamat 18:3, 6, 21-24)

Namun, karena Allah memberikan hati nurani kepada manusia, maka dari lubuk hati Rahab ia merasa bersalah dan malu dengan kehidupannya. Perbuatan tangan Tuhan bagi Israel sejak keluar dari Mesir membuka mata hati Rahab dalam melihat Allah yang benar (Yos. 2:10-11). 

Catatan Alkitab lainnya menerangkan bahwa Rahab menjadi seorang wanita yang dicatat sebagai salah satu nenek moyang Yesus Kristus (Matius 1:5). Rahab menikah dengan Salmon, dari suku Yehuda, dan melahirkan Boas. Boas kemudian menikah dengan Rut dan menjadi kakek buyut raja Daud.

 

Baca halaman selanjutnya -->

Sumber : jawaban channel
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami