#FaktaAlkitab: Tokoh-tokoh Alkitab yang Rela Kehilangan Nyawa Demi Bangsanya
Sumber: jawaban.com

Fakta Alkitab / 27 August 2021

Kalangan Sendiri

#FaktaAlkitab: Tokoh-tokoh Alkitab yang Rela Kehilangan Nyawa Demi Bangsanya

Claudia Jessica Official Writer
4923

#2 Nehemia mengupayakan kesejahteraan bagi bangsanya

Nehemia adalah seorang pejabat Juru Minuman raja Artahsasta di kerajaan Persia. Pada masa itu juru minuman raja merupakan jabatan yang tinggi karena semua minuman raja harus diseleksi dulu oleh juru minum raja. Selain memiliki jabatan tinggi, Nehemia rupanya adalah orang yang saleh dan memiliki kepedulian yang tinggi pada bangsanya dan kota Yerusalem.

Pada suatu hari Nehemia mendengar kabar saudara sebangsanya yang berada di Yerusalem dalam keadaan tercela dan dalam kesulitan besar, tembok Yerusalem yang merupakan tembok kebanggaan serta pintu gerbangnya telah roboh. Sebagai tanda perkabungan akan berita buruk tersebut maka Nehemia segera mengoyakan bajunya dan memohon ampun dan pertolongan Tuhan (Neh. 1:2-11).

 

BACA JUGA: #FaktaAlkitab: Ini Orang-orang yang Alami Kebangkitan Dari Kematian Dalam Alkitab

 

Nehemia lalu memberanikan diri bertemu raja Artahsasta, dan memohon izin pergi ke Yehuda untuk memperbaiki tembok Yerusalem yang sudah rusak. Dan raja pun mengizinkannya untuk pergi melakukan tugasnya tersebut. Raja juga memberi Nehemia surat kuasa yang mempermudah perjalanannya menuju Yerusalem.

Setibanya di Yerusalem, Nehemia lalu mengerahkan orang Yahudi saudara sebangsanya untuk membangun tembok Yerusalem. Sekalipun mendapat banyak perlawanan, tembok dan gerbang kota itu selesai dibangun hanya dalam 52 hari (Neh. 6:15). Nehemia pun kembali mengajarkan hukum-hukum Tuhan kepada orang Israel. Apa yang Nehemia lakukan jelas bertujuan agar bangsa Israel kembali mendapatkan kesejahteraannya (Neh. 2:10).

 

Baca halaman selanjutnya -->

Sumber : jawaban channel
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami