Sudah Coba Berbagai Cara Melunasi Hutang Tapi Belum Berhasil? Coba Metode Bola Salju Deh!

Sudah Coba Berbagai Cara Melunasi Hutang Tapi Belum Berhasil? Coba Metode Bola Salju Deh!

Claudia Jessica Official Writer
340

Meski di negara kita, Indonesia tidak pernah turun salju, Anda tentu pernah melihat bola salju meski hanya dari film kan? Bola salju terbuat dari kumpulan salju yang dibuat sedikit demi sedikit hingga menjadi banyak.

Melunasi hutang dengan metode bola salju bukan berarti menumpuk hutang sedikit demi sedikit dan menjadi banyak. Melunasi hutang dengan metode bola salju artinya, kita melunasi hutang sedikit demi sedikit. Berikut adalah Langkah-langkah sederhana untuk melunaskan hutang:

- Buat daftar semua hutang yang Anda miliki seperti kartu kredit, pinjaman mobil, hipotek, dan lain-lain.

- Tuliskan juga saldo terutang di samping daftar hutang.

- Urutkan dari yang terkecil hingga yang terbesar (Anda bisa menggunakan excel untuk mempermudahnya).

- Bayar pembayaran minimum untuk semua hutang (kecuali hutang terkecil).

- Alokasikan semua uang tambahan yang Anda dapatkan untuk melunasi hutang terkecil.

- Rayakan ketika Anda berhasil melunasi hutang pertama. Tidak perlu membuat perayaan besar-besaran, Anda bisa melakukannya dengan memenuhi keinginan sederhana Anda, misalnya dengan mengkonsumsi makanan kesukaan Anda, membeli minuman favorit, atau lainnya

- Alokasikan dana untuk membayar hutang terkecil lainnya hingga lunas.

- Rayakan lagi!

- Lanjutkan proses ini sampai semua hutang terbayar.

Setiap kali Anda mendapati bahwa Anda telah melunasi hutang, “bola salju” Anda akan semakin besar. Ingat poin yang mengatakan “bayar semua hutang dengan bayaran minimum”? Semua proses itu juga merupakan proses pembuatan bola salju yang lebih besar dan lebih kuat. Artinya, bola salju yang telah Anda buat itu akan membantu Anda mempercepat proses pelunasan hutangnya.

Jika kita menggunakan perhitungan matematika, angka tersebut tidak berbohong. Jika kita lakukan perhitungan matematika, maka kita dapat menghemat lebih banyak dengan membayar hutang dengan suku bunga tertinggi lebih dahulu. Itu sangat logis dan merupakan perhitungan matematis terbaik. Namun, saya akan mengajak Anda untuk melihat sudut pandang lain.

BACA JUGA: #FaktaAlkitab: Kebenaran Soal Hutang yang Ditulis Dalam Alkitab

Melakukan pembayaran hutang secara sistematis berdasarkan dari suku bunga tertinggi lebih dulu adalah hal yang terbaik secara sistematis. Tapi, kita adalah makhluk emosional. Bahkan orang yang sangat disiplin sekalipun masih memiliki emosi dan dapat terpengaruh olehnya.

Komputer menggunakan logika 100%. Manusia tidak. Kita, manusia diciptakan untuk membuat keputusan berdasarkan emosi. Kita dikecewakan, kita didorong, kita merasa termotivasi, kita takut, kita merasa memiliki harapan, kita merasa ingin berhenti. Ini semua adalah keadaan emosional yang dapat kita rasakan masing-masing pada hari-hari tertentu.

Mengetahui kita adalah makhluk emosional, kenapa kita tidak menggunakan emosi sebagai keuntungan kita?

Sama seperti ketika jogging lalu kita merasakan angin menerpa punggung, rasanya seperti dorongan kecil yang bagus untuk menggunakan emosi kita sebagai keunggulan.

Jadi, daripada mengatasi hutang seperti masalah matematika, kita bisa mengatasinya dengan cara yang akan memberi kita dorongan emosional! Lagi pula, bukankah lebih baik keluar dari hutang dan membelanjakan bunga tambahan daripada harus menyerah di tengah jalan karena kita putus asa?

BACA JUGA: Terlanjur Terjerat Pinjaman Online, Gini Lho Cara Kamu Keluar Hutangnya

Sumber : crosswalk
Halaman :
1

Ikuti Kami