#FaktaAlkitab: Perpuluhan yang Dilakukan oleh Nenek Moyang Orang Kristen
Sumber: jawaban.com

Fakta Alkitab / 2 September 2023

Kalangan Sendiri

#FaktaAlkitab: Perpuluhan yang Dilakukan oleh Nenek Moyang Orang Kristen

Claudia Jessica Official Writer
12385

#3 Perpuluhan Bangsa Israel

Tuhan pertama kali memberi tahu kepada bangsa Israel melalui Musa untuk memberi perpuluhan. Dalam Perjanjian Lama, Perpuluhan harus dibawa ke Bait Allah dan diberikan kepada Bani Lewi untuk membalas pekerjaan yang dilakukan mereka yaitu pekerjaan pada Kemah Pertemuan (Bilangan 18: 21).

Filsafat dibalik dari memberikan perpuluhan kepada Allah, adalah bahwa Dialah pemilik segala sesuatu, dan manusia hanyalah pengelolanya.

Pada waktu itu, Bangsa Israel memberikan persembahan perpuluhannya dalam bentuk hasil benih di tanah maupun dari buah pohon-pohonan atau dari lembu sapi atau kambing domba (Imamat 27: 30 dan 32). Perpuluhan ini dibawa ke Bait Allah yang terletak di Yerusalem.

Jika mereka terlalu jauh dari Yerusalem, mereka diperboleh untuk memberikan perpuluhan dalam bentuk uang senilai dengan barang atau hewan yang seharusnya mereka berikan (Ulangan 14:22-27). Selain itu, 2 Tawarikh 31:12 menekankan bahwa perpuluhan harus diberikan dengan setia.

Dalam perkembangannya, ketika uang sudah menjadi alat tukar populer di Israel, maka persembahan perpuluhan sudah dalam bentuk uang.

Matius 23:23 dan Lukas 11:42 menyinggung pembayaran perpuluhan dari selasih (terna), adas manis (tanaman palawija), dan jintan (biji-bijian). Hukum Musa memerintahkan memberikan bagian seperpuluhan dari hasil bumi. Namun dalam konteks ayat ini, Orang Farisi dengan berlebih-lebihan menerapkannya juga pada tumbuh-tumbuhan yang paling kecil.

Itulah tokoh Alkitab yang memberikan perpuluhan. Yang terpenting dari perpuluhan adalah ketaatan dan kesetiaan serta motivasi yang benar.

Dalam Perjanjian Baru memang tidak dituliskan secara gamblang tentang tempat memberikan perpuluhan. Suku Lewi yang menerima perpuluhan juga sudah tidak ada lagi di Perjanjian Baru. Dalam Perjanjian Baru, semua sudah digenapi oleh kematian dan kebangkitan Kristus. Tidak perlu lagi mempersembahkan korban melalui Suku Lewi seperti dalam Perjanjian Lama.

Lalu kemana tempat membawa perpuluhan? Yakni ke tempat yang benar-benar mengerjakan visi Allah yakni Amanat Agung-Nya, kesanalah perpuluhan itu dibawa seperti, gereja, panti asuhan atau tempat-tempat lain yang juga menyebarkan visi Allah.

 

Anda juga bisa memberikan dukungan Anda kepada kami dengan menjadi Mitra CBN. Dengan menjadi mitra CBN, artinya Anda telah mendukung pelayanan CBN melalui media untuk memenangkan jiwa-jiwa yang ada di seluruh Indonesia. Daftarkan diri Anda dengan KLIK TOMBOL INI.

Sumber : jawaban channel
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami