#FaktaAlkitab: Perpuluhan yang Dilakukan oleh Nenek Moyang Orang Kristen
Sumber: jawaban.com

Fakta Alkitab / 2 September 2023

Kalangan Sendiri

#FaktaAlkitab: Perpuluhan yang Dilakukan oleh Nenek Moyang Orang Kristen

Claudia Jessica Official Writer
12364

#2 Perpuluhan Yakub

Warisan iman dari Abraham tentang perpuluhan ini juga turun sampai kepada Yakub. Ketika itu, Ishak melepas Yakub untuk pergi ke Haran, ke tempat di mana Laban, saudara Ribka tinggal. Di tengah perjalanan, ia berhenti di suatu tempat yakni di Betel untuk bermalam. Yakub kemudian tertidur dan mendapat mimpi mengenai sebuah tangga yang panjangnya dari bumi sampai ke surga. Malaikat Allah turun-naik melalui tangga itu.

Dalam mimpinya, Yakub mendengar suara Tuhan yang berkata, “Sesungguhnya Aku menyertai engkau dan Aku akan melindungi engkau, ke manapun engkau pergi, dan Aku akan membawa engkau kembali ke negeri ini, sebab Aku tidak akan meninggalkan engkau, melainkan tetap melakukan apa yang Kujanjikan kepadamu” (Kejadian 28:15).

Mendengar janji Tuhan ini, maka bernazarlah Yakub: “Jika Allah akan menyertai dan akan melindungi aku di jalan yang kutempuh ini, memberikan kepadaku roti untuk dimakan dan pakaian untuk dipakai, sehingga aku selamat kembali ke rumah ayahku, maka TUHAN akan menjadi Allahku. Dan batu yang kudirikan sebagai tugu ini akan menjadi rumah Allah. Dari segala sesuatu yang Engkau berikan kepadaku akan selalu kupersembahkan sepersepuluh kepada-Mu,” (Kejadian 28:20).

Dari sini dapat dilihat bahwa Abraham telah mengajar Ishak sampai Yakub tentang hal perpuluhan. Ketika Yakub berada dalam pelarian, prinsip imannya masih tertanam dalam hatinya dan membuat Yakub percaya bahwa Tuhan adalah Allahnya sendiri, yang akan memelihara hidupnya. Sebagai tanda bahwa Yakub menghormati Tuhan, maka ia memberikan perpuluhan dari apa yang ia dapatkan.

Perpuluhan Yakub adalah praktek perpuluhan pertama dalam Alkitab yang diberikan kepada Allah (Kejadian 28:20).

 

Baca halaman selanjutnya -->

Sumber : jawaban channel
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami