#FaktaAlkitab: Perpuluhan yang Dilakukan oleh Nenek Moyang Orang Kristen

#FaktaAlkitab: Perpuluhan yang Dilakukan oleh Nenek Moyang Orang Kristen

Claudia Jessica Official Writer
561

Persepuluhan atau perpuluhan adalah kegiatan memberikan 10% dari penghasilan ke tempat ibadah. Di zaman sekarang, perpuluhan biasanya diberikan dalam bentuk uang dengan sukarela. Pada zaman dulu, perpuluhan dibayar dalam bentuk produk pertanian atau sejenisnya.

Nah yang menjadi pertanyaannya, apakah perpuluhan harus diberikan dalam bentuk uang atau bisa dengan memberikan hal lain? Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang sejarah awal perpuluhan terjadi serta para tokoh Alkitab yang memberikan perpuluhan.

 

#1 Perpuluhan Abraham kepada Melkisedek

Dalam Perjanjian Lama, Alkitab, Perpuluhan pertama kali disebut dalam kisah Abraham dan Melkisedek. Kisah ini ditulis dalam Kejadian 14:17-20. Ketika itu, Abraham, nenek moyang bangsa Israel memberikan perpuluhan kepada Melkisedek, yang merupakan Raja Salem. Melkisedek datang menyongsong Abraham yang baru saja pulang setelah mengalahkan banyak raja. Kemudian Melkisedek memberkati Abraham.

Dalam hal ini, Abraham memberikan perpuluhan kepada Melkisedek yang merupakan seorang manusia. Apa keistimewaan dari Melkisedek sehingga ia mendapatkan perpuluhan dari Abraham?

Dalam kitab Kejadian 14:17-24, diceritakan bahwa Melkisedek adalah seorang imam Allah yang Maha Tinggi. Sedangkan dalam Ibrani 7:1 mencatat, Melkisedek adalah "Raja Kebenaran". Karena Melkisedek adalah Raja Salem, namanya memiliki arti lain, yakni "Raja Sejahtera".

Melkisedek tidak memiliki keterangan mengenai silsilah keluarganya, keterangan tentang kelahirannya, ataupun kematiannya. Ia dijadikan sama dengan Anak Allah, dan menjadi imam sampai selama-lamanya (Ibrani 7:3). Melkisedek merupakan lambang atau gambaran dari pangkat raja dan keimaman abadi Yesus Kristus.

BACA JUGA: Haruskah Orang Kristen Memberi Perpuluhan?

Kemasyhuran seorang Melkisedek membuat Abraham memberikan persepuluhan dari segala sesuatu yang didapat Abraham kepada Melkisedek. Perjanjian Lama telah menentukan bahwa imam-imam keturunan Lewi harus memungut sepersepuluh dari pendapatan umat Israel. Melkisedek bukanlah keturunan Lewi, namun ia menerima perpuluhan dari Abraham, dan memberkatinya serta menerima janji-janji Allah

Melalui Melkisedek, Tuhan sedang berbicara kepada Abraham agar tidak menjadi sombong. Bahwa Abraham dengan 318 orangnya mampu menang melawan Raja Kedorlaomer yang merupakan pemimpin koalisi raja-raja. Tentu ia mampu melakukan hal tersebut bukan karena kehebatannya, melainkan karena Allah Yang Mahatinggi.

Kemudian Abraham menanggapi suara Tuhan dengan memberikan perpuluhan dari hasil rampasan terbaik kepada Melkisedek sebagai tanda bahwa sumber hidupnya dan sumber kemenangannya adalah Tuhan.

 

Baca halaman selanjutnya -->

Sumber : jawaban channel
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami