7 Cara Penuhi Vitamin D Dalam Tubuh Biar Ampuh Tangkal Penyakit

7 Cara Penuhi Vitamin D Dalam Tubuh Biar Ampuh Tangkal Penyakit

Lori Official Writer
493

Vitamin D adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang yang kuat. Vitamin D juga membantu penyerapan kalsium dalam tubuh, meningkatkan pertumbuhan tulang, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga pencernaan, memperlancar peredaran darah dan sistem saraf.

Hasil penelitian menemukan bahwa vitamin D juga sangat efektif membantu mencegah berbagai penyakit, seperti depresi, diabetes, kanker dan penyakit jantung. Jadi tak heran jika kekurangan asupan vitamin D, maka tubuh akan mengalami masalah kesehatan.

 

Berapa Banyak Jumlah Vitamin D yang Dibutuhkan Tubuh?

Ada perdebatan besar dalam komunitas ilmiah terkait kadar vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh.

Namun Akademi Kedokteran Nasional AS menyampaikan jika setiap orang membutuhkan kadar vitamin D berkisar antara 600-800 IU per hari. Bahkan asupan harian ini dianggap aman dikonsumsi hingga mencapai 4000 IU per hari. Namun melebihi kadar tersebut, Akademi Kedokteran Nasional AS menyarankan untuk mendapatkan pengawasan dari profesional kesehatan.

Lalu bagaimana cara memenuhi vitamin D dalam tubuh?

1. Berjemur di bawah sinar matahari

Vitamin D seringkali disebut dengan ‘Vitamin Sinar Matahari’ karena diperoleh dari sumber nutrisi terbaik.

Kulit manusia mengandung kolesterol yang berfungsi sebagai prekursor vitamin D. Saat senyawa ini terkena radiasi UV-B dari matahari maka akan menghasilkan vitamin D.

Vitamin D yang berasal dari matahari bisa berfungsi dua kali lebih baik dibandingkan dengan vitamin D dari makanan atau suplemen.

Namun, jumlah vitamin D yang dihasilkan oleh tubuh tergantung kepada beberapa faktor, seperti:

- Warna kulit. Mereka yang berkulit gelap memerlukan waktu lebih banyak di bawah sinar matahari untuk menghasilkan vitamin D.

- Lokasi geografis dan musim. Negara-negara yang tinggal dekat dengan sinar matahari aka memperoleh vitamin D yang lebih mudah, cepat dan besar dibandingkan dengan negara yang beriklim dingin atau jauh dari matahari.

- Jenis pakaian dan tabir surya. Jenis pakaian dan tabir surya tertentu bisa menghambat peresapan ultra violet ke dalam kulit. Meski begitu pakailah tabir surya untuk melindungi kulit dari bahaya kanker kulit.

2. Konsumsi ikan berlemak dan seafood

Ikan berlemak dan makanan laut adalah salah satu sumber makanan alami yang kaya akan vitamin D.

Dalam setiap 3.5 ons (100 gram) salmon kalengan, kita bisa mendapatkan hingga 386 IU vitamin D atau sekitar 50 dari RDI (Referensi Asupan Harian).

Kandungan vitamin D yang tepat dari makanan laut bisa bervariasi tergantung pada jenisnya. Misalnya, beberapa salmon yang dibudidayakan hanya mengandung 25% vitamin D.

Adapun jenis-jenis ikan yang kaya akan vitamin D diantaranya:

- Tuna

- Ikan kembung

- Tiram

- Udang

- Ikan Sarden

- Teri

3. Jamur

Jamur adalah satu-satunya sumber vitamin D nabati. Jamur yang mengandung vitamin D yang terbaik bahkan bisa ditemukan di dalam jamur yang terpapar langsung oleh sinar matahari.

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA -->

Sumber : Healthline.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami