Sebenarnya Inilah Makna Ucapan Yesus, ‘Jadilah KehendakMu di Bumi Seperti di Surga’
Sumber: google.com

Kata Alkitab / 16 August 2021

Kalangan Sendiri

Sebenarnya Inilah Makna Ucapan Yesus, ‘Jadilah KehendakMu di Bumi Seperti di Surga’

Lori Official Writer
22604

Kita semua akrab dengan ucapan Yesus saat Dia mengajar doa Bapa Kami. Di dalam doa ini, kita akan menemukan Yesus menyampaikan, “…datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga.” (Matius 6: 10)

Kita kadang gak paham betul soal ucapan ini. Tapi berdasarkan ayat ini, mari memaknai ucapan ini secara alkitabiah. Yesus meminta kita berdoa supaya kita apa yang terjadi di surga akan terjadi di bumi.

Dengan kata lain, doa ini bertujuan supaya kehendak Tuhan terjadi di bumi sebagaimana Tuhan kehendaki di surga. Apa sih yang Tuhan kehendaki di surga? Di surga kita tak akan mendapati ada sakit penyakit, gak ada depresi, gak ada musibah. Yang ada hanyalah sukacita dan damai sejahtera.

Jadi, yang dimaksud Yesus tentang kehendak Allah atas bumi adalah dimana kita harus percaya bahwa akan terjadi kesembuhan dan kesehatan bagi umat-Nya di bumi. Saat kita mendoakan seseorang yang sedang sakit, mintalah supaya orang yang kita doakan itu sembuh.

 

Baca Juga: Bukan Sekadar Doa Tanpa Makna, Tapi Inilah Arti Mendalam di Balik ‘Doa Bapa Kami’

 

Kita percaya kalau kesembuhan fisik kita sudah dibayar di atas salib. Karena itulah kita punya keyakinan bahwa saat kita berdoa untuk orang sakit, maka kesembuhan yang kita terima dari Yesus akan terjadi.

Karena itulah, kita harus menafsirkan ayat Matius 6: 10 ini dengan tafsiran yang benar. Ada saja orang yang mungkin berpikir bahwa ucapan Yesus itu adalah supaya kita berdoa biar semua hal yang terjadi di bumi akan sama persis seperti di surga. Tentu saja gak ada penginjilan di surga sebagaimana kita melakukannya di bumi. Karena itulah kita harus berdoa, “Tuhan, semoga semua penginjilan di dunia ini berjalan dengan baik sehingga dunia akan terasa seperti surga.”

Sementara untuk pencobaan-pencobaan yang kita alami di dunia, kita perlu memahami kalau di surga sama sekali tak lagi ada ujian iman. Jadi mari memahami kalau pencobaan yang kita alami di bumi adalah proses bagi kita untuk mengalami pertumbuhan iman kita. Jadi berdoalah, “Tuhan, kuatkanlah kami untuk melalui setiap pencobaan di bumi sehingga kami akan beroleh kehidupan yang layak di surga.”

 

Baca Juga: Ampunilah Kami, Seperti Kami Mengampuni Orang Yang Bersalah Kepada Kami

 

 

Lalu bagaimana dengan kematian? Pada akhirnya, kita akan menyongsong langit yang baru dan bumi yang baru. Kematian adalah realitas terakhir bagi setiap manusia. Tapi kalau kita mencoba meniru surga di bumi, bukankah hal itu berarti kita harus membangkitkan setiap orang dari kematian, bukan hanya sekali, tapi tanpa henti. Tentu saja bukan itu yang Yesus mau kita minta di dalam doa kita. Dia justru mengajarkan kita bahwa kita harus berdoa sesuai dengan kehendak Tuhan, yang sempurna dan layak.

Kehendak yang Tuhan inginkan terjadi di bumi yaitu supaya kita bisa menyembuhkan orang-orang sakit. Bisa membebaskan tawanan dan membawa kabar baik kepada yang terhilang. Kita belajar bahwa Dia telah mengurapi kita untuk membawa harapan bagi yang kehilangan pengharapan, kemenangan bagi orang-orang yang tertindas dan orang-orang yang lemah.

Pada saat yang sama, Allah akan menggenapi kehendak-Nya di bumi sebagai hakim yang menghakimi orang-orang berdosa.

 

Baca Juga: Tuhan, Berikan Kami Setiap Hari Makanan Kami Yang Secukupnya

 

Dengan memahami doa Bapa Kami, kita pasti mampu menghadirkan kehendak Tuhan dan kerajaan-Nya terjadi di bumi melalui kita. Dengan kuasa doa di dalam nama Yesus, kita mampu menghadirkan atmosfer surga di sekeliling kita. 

 

Kamu diberkati dengan renungan harian kami? Mari dukung kami untuk terus memberkati lebih banyak orang melalui konten-konten terbaik di website ini.

Yuk bergabung jadi mitra Jawaban.com hari ini.

 

DAFTAR

Sumber : CT | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami