5 Makanan Ini Sering Identik dengan HUT RI Lho, Ada Makanan Kesukaanmu Nggak?

5 Makanan Ini Sering Identik dengan HUT RI Lho, Ada Makanan Kesukaanmu Nggak?

Claudia Jessica Official Writer
779

17 Agustus tahun 1945, itulah hari kemerdekaan kita dimana Bangsa Indonesia dilahirkan. Pada tahun ini, kita akan merayakan HUT RI yang ke 76.

Biasanya pada hari kemerdekaan, masyarakat Indonesia melakukan sejumlah kegiatan untuk memperingati Hari kemerdekaan ini untuk menghormati perjuangan yang telah dicapai oleh para pahlawan dengan susah payah.

Misalnya mengadakan lomba “17-an” seperti panjat pinang, lomba lari dengan karung, lomba makan kurupuk yang digantung di tali dan tidak boleh menggunakan tangan, lomba memasukkan paku ke dalam botol, dan lain-lain.

Namun karena pada HUT RI ke-76 ini Indonesia masih dilanda pandemi covid-19, kita tidak dapat melakukan acara yang biasanya dilakukan setiap tahun. Meski demikian, masih ada beberapa tradisi yang dapat dilakukan sendiri atau bersama keluarga di rumah seperti memasak kuliner Nusantara.

Apa saja kuliner Nusantara yang identic dengan Hari Kemerdekaan? Simak ulasan berikut ini:

1. Nasi Tumpeng Kuning atau Merah Putih

Kuliner khas Nusantara yang satu ini memang sering disajikan pada acara-acara penting. Dilansir dari Wikipedia, nasi tumpeng adalah makanan yang berasal dari Jawa, dan disajikan secara mengerucut dan ditata dengan lauk-pauk yang mengelilinginya seperti tempe, tahu, ayam goreng, perkedel, telur dadar, sambal, dan lain-lain.

Secara harfiah, nama tumpeng berasal dari akronim dalam bahasa Jawa, yen metu kudu sing mempeng yang berarti bila keluar harus dengan sungguh-sungguh. Secara garis besar, kalimat tersebut berarti sebagai rasa syukur setelah mencapai sesuatu.

2. Klepon merah putih

Kue klepon adalah kue tradisional yang berasal dari Jawa Tengah. Kue yang identik dengan warna hijau ini terbuat dari tepung beras ketan dan tengahnya diisi dengan gula merah. Namun ketika memperingati 17-an, kue ini biasanya dibuat menjadi warna merah putih.

Melansir kompas.com, melalui buku Belajar dari Makanan Tradisional Jawa (2017), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberi makna kesederhanaan pada kue klepon.

Rasa manis dari gula yang ada di dalam kue melambangkan kebaikan hati meskipun tidak dapat dilihat dari luar. Sedangkan kelapa yang membalur kue klepon bermakna sebagai kesabaran untuk mencapai kebahagiaan.

BACA JUGA: Ini yang Perlu Diketahui Soal Tema, Logo dan Acara HUT RI ke-76

3. Bubur merah putih

Bubur merah putih atau juga disebut dengan tajin mera adalah makanan khas Madura. Bahan dasarnya sederhana dan mudah ditemukan, yakni tepung beras, tepung ketan, santan, dan garam. Sedangkan untuk memberi warna merah, adonan dicampurkan dengan gula merah.

Warna merah memiliki makna sebagai pembanding dari sesuatu yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan misalnya ada tinggi ada rendah, ada besar ada kecil. Sedangkan warna putih memiliki makna sebagai simbol rasa syukur atas panjangnya umur, kesehatan, dan semoga makmur hidupnya.

 

Lihat makanan yang dimakan penduduk Indonesia pada zaman penjajahan -->

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami