#FaktaAlkitab: 10 Hari-hari Raya yang Ditulis Dalam Alkitab (2/2)
Sumber: Jawaban.com

Fakta Alkitab / 15 August 2021

Kalangan Sendiri

#FaktaAlkitab: 10 Hari-hari Raya yang Ditulis Dalam Alkitab (2/2)

Lori Official Writer
6056

Hari raya Purim diperingati pada tanggal 14-15 bulan kedua dalam kalender Israel atau bulan Februari-Maret pada kalender Masehi.

10. Hari Raya Pentahbisan Bait Allah

Hari raya pentahbisan bait Allah tidak ada diperintahkan Tuhan di Alkitab.

Sebab hari raya ini terjadi pada masa antara Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru.

Hari raya ini bertujuan untuk memperingati penyucian Bait Allah di Yerusalem pada tahun 164 masehi dari penazisan yang dilakukan oleh oleh Antiokhus Epifanes Raja Yunani Syria yang jahat.

Antiokhus Epifanes adalah raja terkenal dari kaum Seleukus yang beberapa kali muncul dalam penglihatan Daniel. Di masa pemerintahannya kerajaan Yunani Syria berjaya pada masanya jugalah bangsa Yahudi mengalami penindasan yang berat.

Pada 25 Desember 167 sebelum Masehi, dia menaziskan bait suci orang Yahudi dengan mempersembahkan korban ke dewa-dewa di bait suci serta menaruh patungnya sendiri dan kepala babi di Bait Suci.

Hal ini menyebabkan terjadinya perang makabe, selama tiga tahun yang dipimpin oleh Yudas Makabe.

Orang Yahudi berhasil menang dalam pertempuran ini dan mereka membersihkan kembali Bait Suci. Ini menjadi kemenangan besar yang selalu diingat oleh orang Yahudi dan selalu dirayakan setiap tahun, yang dikenal sebagai Hari Raya Hanukkah atau Hari Pentahbisan Bait Allah.

Inilah satu-satunya hari raya orang Israel yang tidak harus dirayakan di Yerusalem tetapi juga diberbagai negara di luar Israel dan Yerusalem.

Mereka biasanya merayakannya secara meriah disertai dengan nyanyian-nyanyian. Hari raya ini biasanya diperingati pada bulan kesembilan dalam kalender Israel atau bulan Desember pada kalender Masehi.

Pada masa hidupnya di dunia, Tuhan Yesus pernah menghadiri perayaan hari pentahbisan bait Allah ini sebagaimana tampak dari ayat-ayat yang dikutip di atas.

Inilah 10 hari raya Yahudi yang ditulis dalam Alkitab. 

Jika Anda ingin menyaksikan tayangan seputar perayaan ini, silahkan klik video di bawah ini.

 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami