#FaktaAlkitab: 10 Hari-hari Raya yang Ditulis Dalam Alkitab (2/2)
Sumber: Jawaban.com

Fakta Alkitab / 15 August 2021

Kalangan Sendiri

#FaktaAlkitab: 10 Hari-hari Raya yang Ditulis Dalam Alkitab (2/2)

Lori Official Writer
5966

Hari raya pendamaian diperingati pada tanggal 10 bulan ketujuh dalam kalender Israel atau bulan September-Oktober pada kalender Masehi.

8. Hari Raya Pondok Daun

Seperti halnya dua hari raya sebelumnya yang terjadi di bulan yang sama, hari raya pondok daun diperingati oleh bangsa Israel secara khusyuk.

Mereka tidak boleh melakukan pekerjaan yang berat. Bahkan pada hari pertama dan hari terakhir acara tersebut, bangsa Israel harus berhenti total bekerja.

Ini adalah perkumpulan Kudus selama tujuh hari dimana bangsa Israel mempersembahkan korban-korban kepada Tuhan selama tujuh hari tersebut.

Di tambah satu hari lagi, hari kedelapan sebagai puncak acara tersebut. Hari raya pondok dau diperingati bangsa Israel dengan cara tinggal di dalam pondok-pondok yang terbuat dari daun selama tujuh hari atau seminggu penuh. 

Tujuannya adalah agar mereka menyadari bahwa mereka dulu tidak mempunyai rumah selama pengembaraan mereka di padang gurun ketika mereka keluar dari perbudakan di Mesir menuju tanah perjanjian.

Inilah salah satu hari raya Israel terbesar dan salah satu terpenting dan juga salah satu dari yang paling meriah.

Hari raya pondok daun diperingati pada tanggal 15-21 bulan ketujuh dalam kalender Israel atau bulan September-Oktober pada kalender Masehi.

 

Baca Juga: #FaktaAlkitab: Bangsa Pilihan dan Kesayangan Tuhan Digenosida Berkali-kali, Kok Bisa?

 

Tuhan Yesus pernah menghadiri hari raya pondok daun, dimana pada saat perayaan itu dan pada puncaknya hari ke-8, ia berseru tentang air hidup dan terang dunia.

Latar belakangan seruan Yesus ini adalah upacara penyalaan pelita di bait suci dan pengambilan air dengan kendi-kendi dari kolam Siloam yang dilakukan oleh para imam Israel yang terdapat dalam tradisi Yahudi, yang kemudian tidak diperintahkan dalam Allkitab.

9. Hari Raya Purim

Hari raya Purim adalah hari raya yang bertujuan untuk memperingati terlepasnya bangsa Yahudi dari pembantaian yang dirancang oleh Haman, seorang pejabat penting di kerajaan Persia.

Purim artinya adalah undian. Ini merujuk pada batu yang dipakai untuk mengundi menentukan hari yang dipakai oleh Haman untuk merencanakan niat jahatnya dalam menghabisi bangsa Yahudi di kekaisaran Persia.

Tetapi melalui kerjasama dengan sepupunya yang telah menjadi ratu Persia, Ester dan dengan kedudukan barunya sebagai pejabat tinggi Persia, Mordekai berhasil menggagalkan rencana Haman untuk memusnahkan bangsa Yahudi.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami