Hidrokuinon, Awal Perseteruan dr Richard Lee dan Kartika Putri. Simak Faktanya Berikut Ini

Hidrokuinon, Awal Perseteruan dr Richard Lee dan Kartika Putri. Simak Faktanya Berikut Ini

Claudia Jessica Official Writer
296

Beredarnya sebuah video penangkapan seorang dokter kecantikan yang aktif membagikan ulasan produk kecantikan, ramai diperbincangkan warga net. Video tersebut diunggah oleh istri dari dr Richard Lee yang ditangkap secara tiba-tiba, Reni Effendi.

Usut punya usut, penangkapan ini dilakukan atas laporan dari Kartika Putri.

Keduanya telah berseteru sejak bulan Februari 2021 lalu ketika dr Richard menyoroti kandungan hidrokuinon yang berada di atas 2% pada sebuah produk. Kartika Putri adalah Brand Ambassador dari produk yang diulas oleh dr Richard Lee.

Dalam ulasannya, dr Richard Lee memberi tahu bahwa produk tersebut sangat berbahaya apabila dijual bebas tanpa resep dokter lantaran mengandung hidrokuinon sebesar 5,7%, dimana izin kandungan hidrokuinon yang aman dalam produk kosmetik hanya sebesar 2%.

Jadi, apa itu hidrokuinon? Mari kita bahas beserta dengan fakta-faktanya!

Apa itu hidrokuinon?

Hidrokuinon adalah zat kimia yang mampu mencerahkan atau memutihkan kulit. Hidrokuinon bisa berbentuk dalam kirim wajah, gel, lotion yang bisa dipakaikan langsung ke kulit.

Hidrokuinon bekerja dengan cara memperlambat produksi melanin. Dengan begitu, kulit yang sebelumnya gelap akibat penumpukan melanin bisa lebih cerah dan tampak senada dengan area kulit di sekitarnya.

Kondisi yang dapat disembuhkan

Beberapa kondisi hiperpigmentasi (bercak gelap diakibatkan oleh penumpukan melanin) yang dapat diatasi dengan obat ini adalah melasma, flek hitam, bekas jerawat, bekas masalah kulit seperti peradangan, psoriasis dan eksim. Meski mampu mengatasi hiperpigmentasi pada kulit, hidrokuinon tidak mampu mengatasi peradangan seperti jerawat, atau bintik-bintik hitam yang sedang aktif.

Efek samping hidrokuinon

Jika dosis hidrokuinon tidak tepat, dan digunakan dalam waktu jangka panjang, dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Misalnya seperti warna kulit menjadi gelap kebiruan, atau membentuk garis-garis yang disebut ochronosis.

Meski kasus seperti ini jarang terjadi, namun tetap harus diwaspadai karena sampai sekarang, masih belum ada bukti pengobatan yang efektif terkait kasus-kasus tersebut.

Hidrokuinon aman digunakan apabila mengikuti anjuran pakai dan kandungan maksimal 2%. Anda perlu mewaspadai beberapa samping seperti kulit kemerahan, terasa kering, dan gatal.

Apakah pemakaian jangka Panjang itu aman?

Hidrokuinon umumnya aman apabila dipakai dalam rentang waktu tertentu dan dosis yang tepat. Penggunaan hidrokuinon tidak bisa digunakan dalam jangka waktu panjang, maksimal empat bulan pemakaian. Apabila hendak menggunakan produk ini lagi, Anda perlu memberi jarak waktu selama tiga bulan.

American Osteopathic College of Dermatology (AOCD) menyarankan agar orang menghindari produk hidrokuinon di sekitar area mata mereka dan hanya menggunakan sedikit produk tersebut di wajah.

Jadi sebelum menggunakan suatu produk tertentu, sebaik nya kita memperhatikan kandungan yang ada pada produk tersebut lebih untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami