#FaktaAlkitab: Lokasi Tempat “Allah yang Menaburkan Benih” Saat ini

#FaktaAlkitab: Lokasi Tempat “Allah yang Menaburkan Benih” Saat ini

Claudia Jessica Official Writer
2710

Yizreel

Yizreel dalam bahasa Ibrani disebut יזרעאל (Yizre’el), Allah (=El) menabur, atau berarti Allah akan menaburkan benih.

Yizreel dalam kota kuno di Israel disebutkan beberapa kali dalam kita Ibrani dan perjanjian lama. Kota ini termasuk ke dalam wilayah suku Ishakar, serta termasuk ke wilayah kerajaan Israel Utara.

Lokasi Yizreel

Menurut kitab 1 raja-raja, istana Raja Ahab di Yizreel terletak dekat dengan kebun anggur nabot. Sebelum kerajaan Israel pecah, kota ini merupakan kampung halaman Ahinoam, istri Raja Daud. Yizreel juga merupakan nama beberapa orang yang tercatat di Alkitab. Salah satunya adalah orang keturunan Yehuda. Mungkin leluhur penduduk Yizreel atau seorang penghuni yang terkemuka, putra Nabi Hosea dari istrinya, Gomer (Hosea 1:3-4).

Di masa ini Yizreel dianggap sama dengan Zerin (Tel Yizreel) yang letaknya berada di sekitar 11 km di sebelah utara timur laut Yenin (En-ganim), tepat disebelah tenggaranya terdapat sedertan bukit batu kapur yang berbentuk bulan sabit yang secara turun-temurun dianggap sama dengan Gunung Gilboa. Di sebelah barat, terdapat Bukit Tabor yang indah menjulang. Tempat penggalian modern terletak di bukit rendah ujung selatan sisi timur lembah Yizreel di bagian utara Israel.

Arkeolog David Ussishkin dan John Woodhead percaya bahwa Yizreel merupakan sebuah benteng markas tentara kavaleri raja Ahab.

Penghakiman Atas Raja Ahab

Selama paruh kedua abad ke-10 SM Israel menjadi tempat kediaman raja Ahab dari Israel dan penerusnya Yehoram, walaupun sebenarnya Samaria lah yang merupakan ibukota Kerajaan Utara.

Di kebun anggur Nabot dekat istana di Yizreel, nabi Elia menyampaikan penghakiman dari Tuhan atas keluarga Ahab. Nubuat itu tergenapi. Yehu membunuh putra Ahab, Raja Yehoram, kemudian menyuruh agar mayatnya dilemparkan ke ladang Nabot. Izebel, istri Ahab pun dimangsa oleh anjing-anjing pemakan bangkai di Yizreel sewaktu ia dilemparkan dari jendela atas perintah yehu.

Ke-70 Putra Abdi eksekusi oleh para pengasuh mereka di Samaria dan kepala mereka ditaruh menjadi dua tumpukan di gerbang Yizreel. Orang-orang terpandang serta para kenalan dan imam-imam Ahab di Yizreel tidak ada yang selamat.

Nubuatan Hosea

Nama Yizreel mengandung nubuat yang diberikan oleh Hosea atas perintah Tuhan kepada putranya melalui Gomer. Nubuat tersebut menunjukkan bahwa perhitungan akan diadakan dengan keluarga Yehu, bahwa Allah akan membuat keluarga itu tersebar.

BACA JUGA: #FaktaAlkitab: Ini Orang-orang yang Alami Kebangkitan Dari Kematian Dalam Alkitab

Waktu hendak mengadakan perhitungan dengan keluarga Yehu, Zakharia, anak dari cicit Yehu dibunuh setelah memerintah selama enam bulan dan Salum, sang pembunuh merebut tahtanya. Dengan demikian berakhirlah dinasti Yehu.

Pada tahun 740 SM, sekitar 50 tahun kemudian, Kerajaan Utara jatuh ke tangan Asiria dan penduduknya dibawa ke pembuangan, kekuasaan kerajaan keturunan Israel dihentikan sepenuhnya. Pada waktu itu, “busur Yizreel” yaitu kekuatan militer, benar-benar dipatahkan. Nubuat tersebut menunjukkan bahwa hal itu akan terjadi di Lembah Yizreel, mungkin karena Asiria memperoleh kemenangan telak di tempat itu.

Akan tetapi, melalui nabi-Nya, Hosea, Tuhan menunjukkan makna bagus nama Yizreel. Dengan mengumpulkan kembali sisa orang Israel dan Yehuda, Tuhan membuat umatnya kembali ke negeri mereka. Tuhan akan menaburkan benih membuat mereka berlipat ganda di sana. (Bandingkan dengan Zakharia 10 ayat 8-10)

Saksi Kemenangan Gideon

 

Baca halaman selanjutnya -->

Sumber : jawaban channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami