#FaktaAlkitab: Asal Usul Kerudung Dalam Alkitab dan Tradisi Yahudi
Sumber: Jawaban.com

Fakta Alkitab / 1 August 2021

Kalangan Sendiri

#FaktaAlkitab: Asal Usul Kerudung Dalam Alkitab dan Tradisi Yahudi

Lori Official Writer
7785

Penggunaan kerudung identik dengan sebuah keyakinan jati diri dimana wanita harus menutupi kepalanya. Kerudung atau tudung kepala ternyata ada ditulis dalam Alkitab lho!

Fakta Alkitab kali ini akan membahas Kerudung atau Tudung Kepala.

Bagaimana sejarah kerudung mulai diterapkan sebagai kewajiban di zaman dulu? Apakah wanita Kristen wajib untuk menggunakan kerudung?

 

Asal Usul Kerudung

Kerudung dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), adalah kain penutup kepala perempuan. Kerudung berbentuk semacam selendang yang menutupi bagian atas kepala dan rambut perempuan.

Penggunaan Kerudung dalam kehidupan sehari-hari dilakukan karena berbagai tujuan, seperti untuk kehangatan bagian tubuh tertentu, kebersihan, bentuk tradisi, untuk fashion, atau jati diri dengan alasan keagamaan, kesopanan, dan berbagai alasan lainnya.

Selain kerudung, ada beberapa istilah yang bisa digunakan untuk kain lainnya yang menutupi kepala ini, diantaranya shayla, snood, chador, niqab, burka, turban, dan lain sebagainya. Penutup kepala untuk perempuan sudah dikenal ribuan tahun yang lalu. 

Penduduk Iran tempo dulu, kelompok-kelompok Yahudi, dan juga bangsa India merupakan bangsa pemakai kerudung. Kerudung juga digunakan sebagai pakaian yang terhormat oleh kaum wanita Zaroaster, Hindu, Yahudi, dan Kristen. Sementara itu di abad 17, kaum wanita di beberapa daerah nusantara sudah menggunakan kerudung.

 

Baca Juga: #FaktaAlkitab: Kapan Orang Kristen Harus Ibadah Puasa?

 

Sejarah Kerudung Dalam Tradisi Yahudi

Dr. Menachem M. Brayer, yang merupakan seorang pemuka agama Yahudi yang juga sebagai Professor Literatur Injil pada Universitas Yeshiva dalam bukunya, The Jewish woman in Rabbinic Literature, menulis bahwa pakaian wanita Yahudi yang bepergian keluar rumah yaitu dengan menggunakan penutup kepala. 

Dr. Brayer Dalam bukunya tersebut mengutip pernyataan beberapa Rabbi atau pendeta Yahudi kuno yang terkenal: "Bukanlah layaknya anak-anak perempuan Israel yang berjalan keluar tanpa penutup kepala" dan "Terkutuklah laki-laki yang membiarkan rambut istrinya terlihat," dan "Wanita yang membiarkan rambutnya terbuka untuk berdandan membawa kemelaratan."

Selain itu Dr. Brayer menambahkan bahwa, wanita Yahudi yang tidak menggunakan penutup kepala dianggap penghinaan terhadap kesopanannya. Jika kepalanya tidak tertutup dia bisa dikenai denda sebanyak empat ratus zuzim (koin Yahudi) untuk pelanggaran tersebut.

Sementara itu Hukum Yahudi melarang seorang Rabbi untuk memberikan berkat dan doa kepada wanita menikah yang tidak menutup kepalanya karena rambut yang tidak tertutup dianggap “telanjang". 

Kerudung juga menyimbolkan kondisi yang membedakan status dan kemewahan yang dimiliki oleh seorang wanita yang mengenakannya. Martabat dan keagungan seorang wanita bangsawan Yahudi bisa dinilai dari kerudung di kepalanya. 

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

W. Schneider menyatakan bahwa dikalangan masyarakat Yahudi kuno, pelacur-pelacur tidak diperbolehkan menutup kepalanya. Tetapi pelacur-pelacur sering memakai penutup kepala agar mereka lebih dihormati.

 

Asal Usul Kerudung dalam Alkitab

Dalam Alkitab, kata kerudung pertama kali muncul dalam Yesaya 3:19 yang bunyinya, “perhiasan-perhiasan telinga, pontoh-pontoh dan kerudung-kerudung;” Ayat ini merupakan bagian dalam teguran nabi Yesaya kepada para wanita Yerusalem yang sombong.

Teguran Tuhan yang menyebut kata kerudung, jelas menunjukan bahwa busana wanita Israel di zaman itu sudah menggunakan kerudung atau tudung kepala untuk menutupi kepala dan rambutnya. 

Sementara itu Talmud Yahudi menjelaskan mengenai aturan yang ketat tentang busana kaum perempuan. Dimana kaum wanita yang keluar ke tempat umum dan berbicara dengan laki-laki tanpa mengenakan penutup kepala (kerudung) maka suaminya boleh menceraikannya tanpa membayar mahar. 

Dalam Kitab Zefanya 1:8 diterangkan, “Pada hari perjamuan korban Tuhan itu, Aku akan menghukum para pemuka, para anak-anak raja dan semua orang yang memakai pakaian asing.” Pakaian asing yang dimaksud adalah yang melenceng dari syariat Yahudi, yaitu pakaian besar yang menutup rambut hingga seluruh tubuh yang disebut tiche atau snood, sesuai dengan aturan kesopanan Yahudi

 

Baca Juga: Fakta Alkitab : Ini Dia Kacang Merah Yang Bikin Esau Sampai Rela Jual Hak Kesulungannya

 

Tudung Kepala Tanda Harga Diri 

1 Korintus 11: 2-16 adalah bagian Alkitab Perjanjian Baru yang membahas mengenai penutup kepala atau hiasan kepala bagi wanita. Dalam Ayat 6, Rasul Paulus menegaskan perihal tudung kepala seorang wanita, “Sebab jika perempuan tidak mau menudungi kepalanya, maka haruslah ia juga menggunting rambutnya. Tetapi jika bagi perempuan adalah penghinaan, bahwa rambutnya digunting atau dicukur, maka haruslah ia menudungi kepalanya.”

Di masa pelayanan Rasul Paulus, wanita menutupi kepalanya atau menudungi kepalanya untuk menunjukkan sikap sopan dan tunduknya kepada sang suami, serta demi menyatakan martabatnya. Tudung mengandung arti bahwa wanita harus dihormati dan dihargai. Tanpa tudung, ia tidak memiliki martabat. Kaum pria tidak menghormati wanita yang tidak memakai tudung karena mereka seolah-olah memamerkan dirinya di depan umum secara memalukan. Maka dengan demikian, tudung kepala berfungsi sebagai suatu tanda harga diri dan kemuliaan seorang wanita sebagaimana Allah telah menciptakannya.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Kerudung dan Keagamaan

Penggunaan kerudung atau tudung kepala dapat menjadi sesuatu yang berhubungan dengan keagamaan. Misalnya bagi Perempuan Yahudi Ortodoks yang sudah menikah dimana mereka diwajibkan untuk menutupi rambut mereka dengan kerudung. Kerudung yang mereka gunakan dikenal dengan sebutan tiche atau snood, sesuai dengan aturan kesopanan tzniot.

Para wanita Yahudi yang menetap di Eropa menggunakan kerudung sampai abad ke-19 hingga mereka bercampur baur dengan budaya sekuler. Dewasa ini, wanita-wanita Yahudi yang saleh tidak pernah memakai penutup kepala kecuali bila mereka mengunjungi tempat ibadah mereka.

 

Baca Juga: #FaktaAlkitab: Dimanakah Lokasi Taman Eden yang Sebenarnya?

 

Kerudung juga dipakai oleh wanita Kristen Katolik saat menghadiri Misa atau Perayaan Ekaristi. Kerudung ini disebut Kerudung Misa atau Mantilla. Tradisi ini sebenarnya sudah ada sejak lama di dalam kalangan gereja mengenai penggunaan Mantila oleh wanita dalam perayaan Ekaristi. Bahkan sudah ada sejak zaman Rasul Paulus. Namun berjalannya waktu tradisi ini sudah mulai hilang termakan oleh zaman modern. Meskipun demikian, penggunaan Kerudung Misa belakangan ini mulai dipopulerkan kembali oleh Gereja mengingat makna pemakaiannya yang sangat mulia. Akan tetapi pemakaian Kerudung Misa ini tidaklah menjadi kewajiban setiap wanita namun sebagai bentuk devosi serta bentuk ketaataan atau kerendahan diri kepada Allah saat mengikuti Perayaan Misa.

Prinsip di balik pemakaian tudung ini sampai sekarang pun masih diperlukan. Seorang wanita Kristen harus berdandan dengan sopan dan dengan hati-hati, mengenakan pakaian yang pantas dan bermartabat sehingga ia dapat pergi ke mana saja dengan aman dan hormat. Ketika seorang wanita berdandan dengan sopan dan pantas bagi kemuliaan Allah, dia mempertinggi tingkat martabat dan kelayakannya sendiri yang telah dikaruniakan oleh Allah.

 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami