#FaktaAlkitab: Asal Usul Kerudung Dalam Alkitab dan Tradisi Yahudi
Sumber: Jawaban.com

Fakta Alkitab / 1 August 2021

Kalangan Sendiri

#FaktaAlkitab: Asal Usul Kerudung Dalam Alkitab dan Tradisi Yahudi

Lori Official Writer
7788

Kerudung dan Keagamaan

Penggunaan kerudung atau tudung kepala dapat menjadi sesuatu yang berhubungan dengan keagamaan. Misalnya bagi Perempuan Yahudi Ortodoks yang sudah menikah dimana mereka diwajibkan untuk menutupi rambut mereka dengan kerudung. Kerudung yang mereka gunakan dikenal dengan sebutan tiche atau snood, sesuai dengan aturan kesopanan tzniot.

Para wanita Yahudi yang menetap di Eropa menggunakan kerudung sampai abad ke-19 hingga mereka bercampur baur dengan budaya sekuler. Dewasa ini, wanita-wanita Yahudi yang saleh tidak pernah memakai penutup kepala kecuali bila mereka mengunjungi tempat ibadah mereka.

 

Baca Juga: #FaktaAlkitab: Dimanakah Lokasi Taman Eden yang Sebenarnya?

 

Kerudung juga dipakai oleh wanita Kristen Katolik saat menghadiri Misa atau Perayaan Ekaristi. Kerudung ini disebut Kerudung Misa atau Mantilla. Tradisi ini sebenarnya sudah ada sejak lama di dalam kalangan gereja mengenai penggunaan Mantila oleh wanita dalam perayaan Ekaristi. Bahkan sudah ada sejak zaman Rasul Paulus. Namun berjalannya waktu tradisi ini sudah mulai hilang termakan oleh zaman modern. Meskipun demikian, penggunaan Kerudung Misa belakangan ini mulai dipopulerkan kembali oleh Gereja mengingat makna pemakaiannya yang sangat mulia. Akan tetapi pemakaian Kerudung Misa ini tidaklah menjadi kewajiban setiap wanita namun sebagai bentuk devosi serta bentuk ketaataan atau kerendahan diri kepada Allah saat mengikuti Perayaan Misa.

Prinsip di balik pemakaian tudung ini sampai sekarang pun masih diperlukan. Seorang wanita Kristen harus berdandan dengan sopan dan dengan hati-hati, mengenakan pakaian yang pantas dan bermartabat sehingga ia dapat pergi ke mana saja dengan aman dan hormat. Ketika seorang wanita berdandan dengan sopan dan pantas bagi kemuliaan Allah, dia mempertinggi tingkat martabat dan kelayakannya sendiri yang telah dikaruniakan oleh Allah.

 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami