Dukung Bakat Anak Mulai Dari Gereja, Guru Sekolah Minggu Perlu Lakukan 6 Hal Ini Yuk…

Dukung Bakat Anak Mulai Dari Gereja, Guru Sekolah Minggu Perlu Lakukan 6 Hal Ini Yuk…

Lori Official Writer
493

Alkitab menuliskan sebuah perumpamaan tentang talenta (Matius 25: 14-30). Perumpamaan ini mengisahkan tentang seorang raja yang harus bepergian dalam sebuah perjalanan. Sebelum pergi, dia membagi-bagi tugas kepada para pekerjanya dan mempercayakan mereka masing-masing bagian. 

Bagian itu dimaksudkan sebagai talenta atau bakat yang diberikan Tuhan. Setiap orang dikaruniai Tuhan bakat masing-masing bahkan sejak dari kecil, seseorang sudah menunjukkan bakat tersebut.

Sayangnya, ada banyak dari orangtua maupun gereja yang mengabaikan karunia anak dan menganggap jika anak belum cukup umur untuk mengembangkannya dan menunggu sampai anak dewasa untuk bisa melayani di gereja atau bisa mengembangkan bakatnya.

Kebenarannya, bukan saja orangtua tetapi gereja juga berperan besar untuk mendukung karunia yang diberikan Tuhan kepada masing-masing anak.

Sudah seharusnya gereja jadi ladang kesempatan bagi anak untuk mengembangkan bakatnya dengan terlibat di dalam pelayanan.

 

Baca Juga: Peran Penting Gereja Bagi Generasi Anak dan Remaja yang Harus Anda Ketahui!

 

Karena itu, penting sekali bagi para guru sekolah minggu untuk membantu anak mengaktifkan bakatnya mulai dari gereja. Bagaimana caranya? Mulai libatkan anak dalam 6 pelayanan ini.

1. Musik

Apakah ada anak yang punya bakat menonjol dalam bidang musik, baik memainkan instrumen musik atau bernyanyi? Cobalah melibatkan anak dalam pelayanan musik gereja. Misalnya, berikan dia kepercayaan untuk memimpin pujian sebelum memulai ibadah sekolah minggu.

2. Menggambar

Banyak anak yang suka menggambar. Jadi biarkan anak tahu jika karunia mereka dihargai di gereja dengan mempercayakan mereka tugas untuk membuat hiasan dinding dari karya mereka sendiri. 

Atau jika memungkinkan, bentuklah sebuah kelompok desain kelas sekolah minggu dimana mereka bertanggung jawab untuk menghias papan bulletin mingguan gereja atau mendesain kartu ucapan untuk acara tertentu.

3. Olahraga 

Ada banyak anak yang punya bakat olahraga sejak kecil. Bahkan mereka bercita-cita bisa jadi atlet suatu saat nanti. Bagaimana gereja bisa mendukung bakal olahraga anak? 

Sederhana. Selain butuh kesehatan rohani, kita juga butuh kesehatan jasmani bukan? Di luar dari pelajaran Alkitab, buatlah aktivitas luar ruang seperti berolahraga, entah itu bola, lari, atau permainan menarik lainnya. Libatkan anak supaya lebih aktif dalam kegiatan tersebut.

4. Memasak

Apa ada diantara anak bakal jadi calon koki handal di masa depan? Kenapa tidak meminta mereka untuk membuat kue ulang tahun teman sekolah minggu lain. Atau kasih anak kepercayaan untuk membuat kue setiap bulan untuk acara rutin gereja. 

 

Baca Juga: 4 Cara Bantu Anak Asah Bakat Terpendamnya

 

5. Teknologi 

Mungkin juga ada diantara anak yang punya bakat dalam bidang teknologi. Kenapa tidak mendukung anak untuk terlibat dalam pelayanan teknologi gereja, entah jadi bagian set up gereja, multimedia atau website. Bakat ini khususnya akan mulai menonjol di kalangan anak remaja, jadi gereja bisa mulai mengarahkan anak mengasah bakatnya dengan terlibat di pelayanan gereja.

6. Seni

Apakah ada diantara anak yang senang dengan dunia seni, baik tari, peran atau modeling? Gak ada salahnya mendukung anak mengembangkan bakat seninya lewat acara-acara gereja seperti di momen Paskah dan Natal. 

Anak dan remaja biasanya jauh lebih mudah diarahkan untuk bidang yang mereka gemari. Jadi, sudah waktunya gereja berperan aktif membawa anak semakin dekat dengan panggilan hidupnya.

Nah buat gereja-gereja yang menyadari bakat-bakat ini ada di dalam diri anak, kabar baik buat kalian. Superbook Indonesia sedang mengadakan event Church Talent Festival sebagai bentuk apresiasi pelayanan CBN Indonesia terhadap gereja yang sudah #BeraniBergerak dalam memuridkan generasi anak dan remaja di Indonesia. 

Jika Anda rindu supaya bakat anak dan remaja Anda terus berkembang dan dipakai Tuhan lebih luar biasa lagi, yuk daftarkan anak Anda dalam ajang ini. Yuk klik di bawah ini.

DAFTAR

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami