Alami KIPI, Efek Samping Umum Pasca Vaksin, Tangani Dengan Cara Ini…

Alami KIPI, Efek Samping Umum Pasca Vaksin, Tangani Dengan Cara Ini…

Lori Official Writer
581

KIPI atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi adalah gejala medis  maupun efek samping yang terjadi setelah vaksinasi dan diduga terkait dengan reaksi sistem imun seseorang setelah divaksinasi.

 

Efek Samping Umum

Suntikan vaksin Covid-19 baik itu Sinovac maupun Astrazeneca yang sudah digunakan di Indonesia tentu saja akan menimbulkan beragam efek samping, diantaranya:

- Nyeri atau bengkak di bagian suntikan

- Demam ringan

- Kelelahan dan tidak enak badan

- Sakit kepala

- Mual

- Sakit perut 

- Nyeri otot atau sendi

- Lapar 

Kabar baiknya, gejala medis yang muncul pasca suntik vaksin Covid-19 umumnya hanya bersifat sementara dan ringan.

Dalam banyak kasus, efek samping vaksin ini terbilang ringan dan normal. Munculnya efek medis ini sendiri membuktikan bahwa tubuh sedang membangun perlindungan terhadap infeksi virus.

 

Baca Juga: 4 Hal Terpenting Yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Vaksinasi

 

Cara Penanganan 

Bagi yang merasa kurang nyaman dengan efek samping pasca suntik vaksin Covid-19, Anda bisa melakukan beberapa langkah ini untuk meringankan efek yang timbul:

- Jika bagian suntikan terasa nyeri, bengkak atau kemerahan, cobalah mengompresnya dengan air dingin dalam beberapa waktu. 

- Jika efeknya disertai demam, kompres atau mandi dengan air hangat, perbanyak minum air putih, dan istirahat, serta minum obat penurun demam bila perlu.

- Jika terjadi efek samping suntik Covid-19 atau KIPI yang lebih berat dari biasanya, catat reaksi / keluhan yang dialami dan laporkan pada petugas atau fasilitas layanan kesehatan, kontak yang tertera pada kartu vaksinasi. Atau laporkan KIPI atau efek samping Covid-19 ke https://keamananvaksin.kemkes.go.id.

Umumnya, antibody terhadap virus akan terbentuk setelah 14 hari pasca vaksinasi. Karena itulah selama jangka waktu pembentukan tersebut, penting untuk menjaga kebersihan, seperti mencuci tangan, menjaga jarak dan selalu memakai masker. 

Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk tetap terlindung dari paparan virus selama pembentukan antibodi pasca vaksinasi:

1. Jaga jarak minimal 1 meter dari yang lain.

2. Selalu kenakan masker, terutama di tempat yang ramai, tertutup, dan berventilasi buruk.

3. Rajin membersihkan tangan.

4. Setiap kali batuk atau bersin, pastikan untuk menutupnya dengan siku yang tertekuk.

5. Saat berada di dalam ruangan bersama orang lain, pastikan ventilasi yang baik, seperti membuka jendela atau pintu.

 

Baca Juga: Sudah Divaksin Kok Masih Bisa Positif Covid-19? Ini Jawabannya!

 

Ingat, vaksinasi tidak menjamin seseorang kebal terhadap virus. Karena fungsi vaksin adalah memperingan gejala dan mempercepat proses penyembuhan. Karena itu, jangan takut divaksin ya. 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami