#FaktaAlkitab: Bangsa Pilihan dan Kesayangan Tuhan Digenosida Berkali-kali, Kok Bisa?

#FaktaAlkitab: Bangsa Pilihan dan Kesayangan Tuhan Digenosida Berkali-kali, Kok Bisa?

Claudia Jessica Official Writer
562

Jutaan jiwa melayang dalam upaya pemusnahan kaum Yahudi pada abad 20. Hal serupa juga terjadi pada Bangsa Israel pada ribuan tahun lalu. Bagaimana mungkin kota yang Tuhan sayang hendak dimusnahkan?

 

Genosida

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), genosida adalah pembunuhan besar-besaran secara berencana terhadap suatu bangsa atau ras.

Kata ini pertama kali digunakan oleh seorang ahli hukum Polandia bernama Raphael Lemkin dalam bukunya yang berjudul “Axis Rule in Occupied Europe” yang diterbitkan di Amerika Serikat pada tahun 1944. Kata ini diambil dari bahasa Yunani, genos (γένος) yang berarti 'ras', 'bangsa' atau 'rakyat', dan bahasa Latin, caedere yang artinya 'membunuh'.

Pada masa modern, genosida merupakan satu dari empat pelanggaran HAM berat yang berada dalam yurisdiksi Mahkamah Pidana Internasional.

 

Asal Muasal Bangsa Israel

Alkitab mencatat, Yakub adalah kakek moyang bangsa Israel. Ia adalah anak dari Ishak dan Ribka, cucu dari Abraham dan Sara, serta memiliki kakak kembar bernama Esau. Yakub memainkan peranan penting dalam sejumlah peristiwa di Kitab Kejadian.

Allah kemudian mengubah namanya menjadi “Israel” karena Yakub telah bergumul melawan Allah dan manusia, kemudian berhasil menang (Kejadian 32:28).

Yakub memiliki 12 putra. Kemudian mereka disebut sebagai 12 suku Israel, dan seluruh turunan dari 12 putra Yakub dikenal dengan sebutan Bangsa Israel atau keturunan langsung Israel.

Bangsa Israel modern saat ini terdiri dari warga negara atau penduduk permanen dari Negara Israel, sebuah masyarakat multi-etnis dari latar belakang nasional yang berbeda. Kelompok etnis terbesar di Israel adalah Yahudi sebanyak 75%, disusul oleh Arab sebanyak 20% dan minoritas lainnya sebanyak 5%.

BACA JUGA: Turki, Hagia Sofia dan Sejarah Kelam Genosida Kristen Armenia

Orang Israel maupun keturunan Israel, tinggal di seluruh belahan dunia. Seperti Amerika Serikat, India, Kanada, Britania Raya, Eropa, dan tempat lainnya.  Sekitar 10% penduduk Israel diperkirakan tinggal di luar Negara Israel.

Sebelum Israel modern merdeka di tahun 1948, dunia internasional mengenal mereka dengan sebutan orang Yahudi.

 

Genosida Yahudi di bawah Hitler (1933-1945)

 

Baca halaman selanjutnya -->

Sumber : jawaban channel
Halaman :
1234Tampilkan Semua

Ikuti Kami