Puji Tuhan! Pemerintah Kasih Bantuan Langsung Tunai Untuk Biaya Anak Sekolah

Puji Tuhan! Pemerintah Kasih Bantuan Langsung Tunai Untuk Biaya Anak Sekolah

Claudia Jessica Official Writer
471

Dalam masa PPKM yang masih berlanjut, pemerintah akan kembali mencairkan bantuan langsung tunai (BLT) bagi anak sekolah pada Juli 2021. Bantuan yang akan diberikan kepada anak sekolah ini merupakan bagian dari bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).

Program PKH rencananya akan diberikan kepada 10 juta keluarga selama satu tahun. Hal ini disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers evaluasi pelaksanaan PPKM Darurat. Bantuan ini akan diberikan kepada ibu hamil dan anak usia dini, penyandang disabilitas dan lansia, serta bantuan untuk anak sekolah.

Bantuan ini diberikan dengan harapan dapat meningkatkan taraf hidup, mengurangi beban, menciptakan perubahan perilaku dan kemandirian KPM, mengurangi kemiskinan, dan meningkatkan inklusi keuangan.

Nilai BLT yang dapat diterima oleh anak sekolah dalam satu keluarga bisa mencapai Rp4,4 juta dengan rincian, SD Rp 900 ribu per tahun, SMP Rp 1,5 juta per tahun dan SMA Rp 2 juta per tahun.

Untuk mendapatkan BLT ini, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

#01. Memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP).

#2 Penerima harus terdaftar di lembaga Pendidikan formal atau nonformal di daerah masing-masing.

#3 Pemilik KIP harus terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) lembaga pendidikan.

#4 Keluarga yang tidak memiliki KIP, tetap berhak mendapatkan BLT dengan melakukan pendaftaran. Bawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) ke Lembaga dinas pendidikan setempat.

#5 Siswa yang tidak memiliki KKS, orang tua dapat meminta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT/RW maupun kelurahan masing-masing sebagai syarat mendaftar ke dinas pendidikan.

BLT anak sekolah akan diberikan dalam 4 kali pencairan yaitu pada Januari, April, Juli, dan Oktober.

BACA JUGA: Perpanjang PPKM Level 4 Sampai 2 Agustus, Aturan Lebih Longgar Tapi…

Pencairannya sendiri bisa didapatkan melalui bank pelat merah yaitu PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN).

Semoga dengan adanya bantuan langsung tunai dari pemerintah ini membantu meringankan beban setiap orang tua dalam pendidikan anak-anak.

Sumber : CNN Indonesia
Halaman :
1

Ikuti Kami