BLT Cair, Menteri Risma: Tidak Boleh Beli Rokok atau Miras

BLT Cair, Menteri Risma: Tidak Boleh Beli Rokok atau Miras

Claudia Jessica Official Writer
313

Beberapa hari lalu, pemerintah mengumumkan akan memberikan bantuan sosial (bansos) guna menekan dampak PPKM Darurat. Tentunya dengan harapan dapat membantu meringankan beban masyarakat di masa pandemi Covid-19 ini.

Beberapa bantuan sosial yang akan diberikan antara lain, Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Program Bantuan Beras Bulog, Bantuan Sosial Tunai (BST), BST Pemda, Diskon Listrik, Bantuan Biaya Abonemen, Kartu Prakerja, Kuota Internet, dan BLT Desa.

Untuk menghindari penyalahgunaan, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengatakan, menyiapkan sebuah aplikasi khusus untuk menerima bansos tersebut guna menghindari penyalahgunaan seperti untuk membeli rokok atau minuman keras.

"Jadi sesuai dengan perintah bapak Presiden bahwa tidak ada lagi belanja untuk rokok. Tidak ada belanja untuk miras. Maka dengan fitur itu kami bisa batasi, tidak ada lagi belanja untuk itu," kata Risma dalam konferensi pers virtual, Senin (26/7/2021).

Pihaknya memastikan agar aplikasi dapat digunakan pada 17 Agustus mendatang. Mereka pun bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan beberapa financial technology (fintech) serta e-commerce.

"Mudah-mudahan kita bisa launching, kita akan mempersiapkan software dibantu BI dan pengawasan OJK dan dibantu anak-anak muda yang bekerja di fintech untuk menggunakan aplikasi ini," katanya.

Salah satu tujuannya adalah untuk memastikan dana bansos dipakai sesuai dengan tujuan pemerintah. Selain itu, untuk menggunakan aplikasi ini, masyarakat akan diberi kemudahan dari berbagai jenis telepon seluler yang digunakan.

BACA JUGA: Puji Tuhan! Pemerintah Kasih Bantuan Langsung Tunai Untuk Biaya Anak Sekolah

"Bisa belanja di mana saja. Nanti kita akan sesuaikan, bagaimana mengakomodir misalnya hp nya masih jadul nah ini juga bisa," ujarnya.

Sebagaimana dengan tujuan pembagian bansos ini, yaitu untuk membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hariannya, sudah sepatutnya kita memegang amanah tersebut dan menggunakannya sesuai dengan tujuannya.

Sumber : detik.com
Halaman :
1

Ikuti Kami