Pantang Menyerah Hadapi Beragam Tantangan, Teladan Nehemia Responi Masalah

Pantang Menyerah Hadapi Beragam Tantangan, Teladan Nehemia Responi Masalah

Lori Official Writer
185

Jika Anda menjalankan proyek pembangunan, Anda pasti akan memilih sosok seperti Nehemia sebagai kontraktor Anda bukan?

Kenapa tidak? Dari sepak terjang karirnya, Nehemia memimpin renovasi struktural besar kota Yerusalem. Lalu menyelesaikannya dengan anggaran yang sangat minim dan selesai hanya dalam waktu 52 hari saja. Belum lagi dia mempekerjaan para relawan yang tidak perlu dibayar upahnya.

Tentu saja Nehemia termasuk dalam tipe pekerja yang mengerjakan sesuatu dengan ‘sepenuhnya’. Jadi tidak heran kalau ada banyak pemimpin Kristen yang mengagumi Nehemia.

 

Apa Sebenarnya yang Dilakukan Nehemia?

Nehemia adalah seorang Yahudi dan telah menjadi pejabat tinggi yang dihormati di istana Persia. Tapi suatu kali, dia mendengar kabar tentang kehancuran negerinya dan merasa prihatin dengan keadaan itu. Sehingga dia meminta ingin dari sang raja untuk kembali ke Yerusalem pada tahun 445 SM untuk memperbaiki tembok yang hancur.

Setibanya di Yerusalem, dia mulai mengamati kerusakan tembok kota dan merekrut orang-orang Yahudi sebagai pekerja bangunannya. Nehemia mengambil posisi sebagai pemimpin proyek dan membentuk barisan pengawal yang berjaga-jaga jika sewaktu-waktu sekelompok orang yang menentang pembangunan itu menyerah. Semangat Nehemia membuat semua pekerja terdorong untuk menyelesaikan perbaikan tembok secepat mungkin.

 

Baca Juga: Nehemia, Pengingat Untuk Selalu Berdiri Teguh dan Bertekun Dalam Doa

 

Respon Nehemia Dalam Menyelesaikan Masalah Bangsanya

Nehemia dianggap spesial karena responnya yang bijaksana dalam mengatasi masalah. Dia bukan saja hanya mengandalkan Tuhan, tetapi juga memanfaatkan relasi di lingkarannya untuk mendapatkan dukungan . Seperti yang dilakukannya kepada raja Artahsasta, dengan berbicara lembut dan berhati-hati meminta kepulangannya ke negerinya.

Dengan kata lain, Nehemia memiliki keberanian yang tinggi untuk menghadap raja yang dibarengi dengan persiapan secara rohani.

 

Sikap Nehemia Saat Menghadapi Masalah

Tuhan memakai Nehemia untuk memimpin pembangunan kembali tembok Yerusalem. Tentu saja selama proses awal pembangunan ini, Nehemia dan para pekerja tidak terlepas dari berbagai tantangan.

Nehemia menghadapi banyak sekali masalah. Seperti sebangsanya mengejek dia. Pertengkaran diantara sesama pekerja hingga ancaman yang didapatkan Nehemia secara pribadi dari pihak lain.

Tetapi dia tetap pada pendiriannya. Dengan bersikap berani dan tegas, dia memilih untuk terus maju menyelesaikan proyek pembangunan apapun yang akan terjadi. Bahkan saat pihak luar berusaha mengalihkan perhatiannya, dia dengan tegas berkata, “Aku tengah melakukan suatu pekerjaan yang besar. Aku tidak bisa datang! Untuk apa pekerjaan ini terhenti oleh sebab aku meninggalkannya dan pergi kepada kamu!” (Nehemia 6: 3)

 

Baca Juga: Pengen Jadi Pemimpin Teladan? Yuk Belajar dari Nehemia

 

Dia memilih tetap fokus dengan pekerjaannya hingga selesai!

Sikap unggul Nehemia inilah yang membuatnya menjadi sosok yang paling diinginkan dari seorang pemimpin.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami