Kenapa Papa Mama Perlu Mendeteksi Bakat Anak Sejak Dini? Ini Lho Pentingnya…
Sumber: Jawaban.com

Relationship / 15 July 2021

Kalangan Sendiri

Kenapa Papa Mama Perlu Mendeteksi Bakat Anak Sejak Dini? Ini Lho Pentingnya…

Lori Official Writer
12921

Setiap papa mama pasti punya harapan terbaik buat anak-anaknya. Sebagian papa mama mungkin pengen anaknya berprestasi di satu bidang dan mencapai kesuksesan dibidang lain. Tapi menetapkan harapan pribadi untuk masa depan anak hanya akan membuat anak kehilangan potensi maksimal dirinya. 

Daripada menambah beban anak, akan jauh lebih baik kalau papa mama mulai mengidentifikasi atau mendeteksi bakat terpendam dalam diri anak. Karena percaya gak percaya setiap orang diberikan karunia atau bakat oleh Tuhan sejak lahir. Dan bakat ini beraneka ragam jenisnya.

Ada yang punya bakat dalam bidang musik, seni lukis, tari atau peran, komunikasi, bahasa, menulis, bercerita, menghibur, mengajar, olahraga dan sebagainya.

Sebagai orangtua, papa mama diberi hak istimewa untuk mengidentifikasi bakat setiap anak bahkan sejak dia lahir. 

Dengan menemukan bakat anak sejak usia dini, papa mama akan lebih mudah mengarahkan anak untuk mengembangkan bakat tersebut, yang tidak bisa dipungkiri isa jadi jalan bagi masa depan anak yang sesuai dengan kehendak Tuhan.

Buat papa mama yang bingung cara mengidentifikasi bakat anak, bisa melakukan beberapa langkah ini:

Pertama, amati perilaku atau tingkah anak sesering mungkin sejak dia masih belia.

Semakin sering papa mama mengamati perilaku anak, semakin mudah untuk menemukan hal apa yang paling sering dilakukan anak. 

Lalukan pengamatan ini dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut:

- Apa kelebihan anak saya?

- Apa yang paling senang dia lakukan?

- Apa dia senang dengan mainan atau momen atau kondisi tertentu?

- Apa kemampuan alami yang paling bagus dia lakukan tanpa harus diajari (misalnya, bicara di depan umum, mengeluti seni, bernyanyi, mudah berbaur dengan orang baru)

- Apa hal yang paling mereka sukai?

Setiap jawaban dari pertanyaan ini bisa jadi panduan bagi papa mama untuk lebih mudah menemukan bakat alamiah yang dimiliki anak. 

Percayalah, saat papa mama terus mendorong anak mengembangkan bakat alami tersebut anak akan tumbuh lebih percaya diri dan berkembang lebih pesat.

 

Baca Juga: 

Bingung Apa Bakat yang Dimiliki Anakmu? Temukan Dengan 10 Cara Ini (Part 1)

Bingung Apa Bakat yang Dimiliki Anakmu? Temukan Dengan 10 Cara Ini (Part 2)

 

Kedua, berikan kesempatan kepada anak untuk tumbuh dan belajar.

Papa mama perlu memberikan kesempatan kepada anak untuk tumbuh dan belajar. Tak perlu memaksa anak. Sebaliknya ikuti kegiatan apa yang mereka ingin lakukan. Misalnya, mereka ingin ikut kelas vokal, musik, melukis dan sebagainya. Izinkan anak untuk mengikuti kelas yang paling dia inginkan.

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Jika kegiatan itu ternyata membuat anak bahagia, terus dorong mereka untuk mengikutinya. Tapi jika anak tampak lelah dan kehilangan gairah, mungkin lebih baik berhenti. 

Ya, menemukan bakat paling dominan dalam diri anak butuh proses. Jadi beri mereka waktu untuk berkembang.

Ketiga, tetap bersabar. 

Butuh waktu untuk menggali bakat yang terpendam. Papa mama harus menjaga ekspektasi pribadi. Jangan pernah memaksa. Tapi tuntunlah supaya anak semakin dekat dengan bakat yang Tuhan harapkan untuk dikembangkan oleh anak.

Keempat, terus berdoa dan tanya ke Tuhan soal bakat yang dimiliki oleh anak.

Minta hal-hal yang spesifik dari Tuhan. Tanyakan ke Tuhan bakat spesifik apa yang sebenarnya dimiliki oleh anak. Dia Tuhan untuk mengungkapkan potensi terpendam tersebut. 

Mungkin ayat-ayat dalam Alkitab seperti tertulis dalam 1 Korintus 12, Roma 12 dan 1 Petrus 4 bisa jadi penuntun bagi papa mama.

Jadi, buat papa mama yang selama ini abai dengan bakat terpendam anak informasi ini bisa jadi bahan pelajaran. Tujuannya sangat jelas bahwa Tuhan sendiri menitipkan anak untuk kita rawat supaya mereka bisa bertumbuh sesuai dengan bakat alami yang diberikan Tuhan. Dan ketika papa mama berhasil menuntun anak menemukan bakat dan mengembangkannya, hidup mereka bisa terarah sesuai dengan kehendak Tuhan.

 

Baca Juga: Meriahnya HUT CBN ke-22 Hadirkan Acara Church Talent Festival, Anak dan Remaja Daftar Yuk

 

Bagi papa mama yang masih bingung denga cara mengembangkan bakat alami anak, silahkan tunggu pembahasannya di artikel berikutnya ya.

Tapi kabar baiknya, papa mama bisa mulai mendukung anak mengembangkan bakat dengan hal sederhana ini. Jadi dalam rangka menyambut HUT CBN yang ke-22, Superbook Indonesia akan mengadakan event Church Talent Festival yang diadakan khusus untuk anak-anak dan remaja gereja di seluruh Indonesia. Bagi sebagian papa mama yang sudah menemukan atau mengidentifikasi bakat anak, entah itu bernyanyi, melukis, mengajar, bermain musik,seni peran dan bakat spesifik lainnya, bisa dorong mereka untuk ikut event ini. 

Nah, untuk informasi lebih lengkapnya silahkan klik link ini: bit.ly/churchtalentfestival

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami